PENGARUH PERLAKUAN AKUNTANSI PADA PRODUK UTAMA DAN PRODUK SAMPINGAN TERRADAP PENYAJlAN LAPORAN KEUANGAN (STUDI KASUS PADA PG MERITJAN DI KEDIRI)

NUNING PUSPITOSARI, 049214003 (1999) PENGARUH PERLAKUAN AKUNTANSI PADA PRODUK UTAMA DAN PRODUK SAMPINGAN TERRADAP PENYAJlAN LAPORAN KEUANGAN (STUDI KASUS PADA PG MERITJAN DI KEDIRI). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 37.99 Pus P(1998).pdf

Download (326kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam perusahaan manufak'1ur ada kalanya dalam proses produksinya secara langsung akan dihasilkan produk lain selain produk yang m~njadi tujuan utam~~y~. Berbagaijenis yang dihasilkan ini bam terpisah satu sarna lam setelah melewatl tltlk tertentu dalam proses produksi. Produk-produk yang dihasilkan tersebut akan digolongkan menjadi produk utama dan produk sampingan berdasarkan keputusan manajemen dimana faktor yang sering menjadi pertimbangan adalah nilaj jual relatif setiap prod uk. Dalam proses produKsi yang demikian akan timbul biaya bersama yaitu biaya yang timbul karena penggunaan fasilitas yang sarna dalam proses produksi. Menurut PSAK, bila teIjadi proses produksi bersama maka untuk menentukan nilai persediaan, biaya bersama yang terjadi' harus dialokasikan dengan metode-metode yang ada yaitu : metode nitat jual relatif:, metode biaya per unit ratarata, metode rata-rata tertimbang.. dan metode constant gross-margin percentage NRV. Untuk produk sampingan, karen a nilainya seringkali relatif keeil maka boleh tidak menga}okasikan biaya bersama ini ke produk sampingan, namun demikian produk sampingan harns dilakukan penilaian dan pencatatan dengan menggunakan metode--metode yang ada yaitu : metode pengakuan pendapatan kotor, metode pengakuan pendapatan bersih; metode nilai pasar dan metode nilai pengganti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK A.37-99 Pus p.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
NUNING PUSPITOSARI, 049214003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHANNY WURANGIAN,, Drs. Ec.Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 15 Mar 2017 21:56
Last Modified: 15 Mar 2017 21:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54575
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item