PERLAKUAN AKUNTANSI PAJAK PENGHASILAN SESUAI DENGAN PSAK NO. 46 DAN PENGARUHNYA TERHADAP RASIO KEUANGAN STUDI KASUS PADA PT SIER (PERSERO)

RISA YULIANI, 049715636 (2001) PERLAKUAN AKUNTANSI PAJAK PENGHASILAN SESUAI DENGAN PSAK NO. 46 DAN PENGARUHNYA TERHADAP RASIO KEUANGAN STUDI KASUS PADA PT SIER (PERSERO). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 224.01 Yul P(2001).pdf

Download (314kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PSAK No.46 mengatur tentang perlakuan akuntansi pajak penghasilan dengan melakukan pengakuan (recognition) terhadap future tax effects yang timbul sebagai akibat adanya transaksi dan peristiwa yang telah diakui dalam laporan keuangan dan SPT (Surat Pemberitahuan Pajak). Pengakuan future tax effects dilakukan dengan mengakui adanya account pajak tangguhan (deferred tax liability). Pengakuan PB;lak tangguhan dalam PSAK 46 dilakukan dengan menggunakan balance sheet liability method. Untuk dapat menghitung dan mengakui pajak tangguhan berdasarkan balance sheet liability method sebagai mana yang diadopsi oleh PSAK 46, hal mendasar yang perlu dipahami adalah temporary difftrences (perbedaan temporer) yang merupakan perbedaan antara accounting base atau nilai buku yang digunakan menurut pembukuan (akuntansi) dengan tax base atau nilai buku fiskal yang digunakan sebagai dasar pelaporan SPT -PPh Badan. Apabila jumlah perbedaan sementara pada tanggal neraca diketahui dari pembandingan antara saldo menurut buku dan saldo menurut fiskal, maka pada tanggal neraca dapat dihitung jumlah aktiva pajak tanmgguhan (deffored tax asset) dan kewajiban pajak tangguhan (deffored tax liability) sebagai akibat dari perbedaan sementara tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK A.224-01 Yul p.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
RISA YULIANI, 049715636UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorELlA MUSTIKASARI, Dra., Msi.AkUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 19 Mar 2017 18:20
Last Modified: 19 Mar 2017 18:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54879
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item