Motivasi Siswa dalam Memanfaatkan Perpustakaan Sekolah pada Sekolah Dasar (SD) di Tulungagung(Studi Deskriptif tentang Motivasi Siswa dalam Memanfaatkan Perpustakaan Sekolah pada SD Negeri 1 Kampung Dalem, SD Negeri 1 Moyoketen, dan SD Islam Al-Badar Tulungagung)

Febrita Ardianingsih, 071211632057 (2017) Motivasi Siswa dalam Memanfaatkan Perpustakaan Sekolah pada Sekolah Dasar (SD) di Tulungagung(Studi Deskriptif tentang Motivasi Siswa dalam Memanfaatkan Perpustakaan Sekolah pada SD Negeri 1 Kampung Dalem, SD Negeri 1 Moyoketen, dan SD Islam Al-Badar Tulungagung). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
FEBRITA ARDIANINGSIH-min.pdf

Download (997kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perpustakaan sekolah yang memiliki fungsi sebagai sarana penyuplai kebutuhan akademis, informasi dan rekreasi bagi warga sekolah serta menawarkan berbagai jasa, layanan, dan fasilitas tidak akan dikenal jika perpustakaan tidak senantiasa memupuk dan mempelajari motivasi pengguna dalam memanfaatkan perpustakaan. Mengetahui motivasi pengguna merupakan langkah untuk meningkatkan fasillitas dan layanan yang dimiliki serta menentukan strategi ke depan demi tercapainya tujuan perpustakaan. Motivasi sendiri merupakan dorongan yang timbul akibat adanya stimulus yang mengakibatkan lahirnya suatu tindakan. Dalam kasus siswa sekolah dasar (SD) motivasi dalam memanfaatkan perpustakaan seringkali timbul karena pengaruh atau kendali lingkungan sekitar seperti pustakawan, guru, orang tua, teman, kondisi gedung dan koleksi perpustakaan, maupun faktor lainnya. Penguatpenguat seperti reward, pujian, sikap yang ramah, dukungan, maupun pemberian tugas seringkali menjadi stimulus yang melatarbelakangi mereka dalam datang memanfaatkan perpustakaan. Peneliti ingin mengetahui bagaimana motivasi siswa SD dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah yang dilatarbelakangi oleh penguatan dari agen-agen pengendali tersebut. Metode sampling yang digunakan di dalam penelitian ini adalah purposive sampling untuk menentukan ketiga sekolah yang akan dijadikan lokasi penelitian, kemudian diperoleh responden dari ketiga sekolah tersebut. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui metode survey dan wawancara kecil dengan para responden. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa penguat positif dengan angka signifikan dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah datang dari ajakan teman, kedua dari guru, dari orang tua, dari fasilitas perpustakaan dan terakhir adalah dari pustakawan. Sedangkan penguat negatif dengan angka signifikan diantaranya datang dari guru, kedua dari faktor ketidaknyamanan seperti stres dan bosan, dan terakhir adalah dari kondisi lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP 66/16 Ard p
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan, Perpustakaan Sekolah, Motivasi, Penguatan, Siswa
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Febrita Ardianingsih, 071211632057UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRAGIL ATMI, S.IIP.,MAUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 19 Mar 2017 19:29
Last Modified: 09 Aug 2017 23:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54931
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item