Febrita Ardianingsih, 071211632057
(2017)
Motivasi Siswa dalam Memanfaatkan Perpustakaan Sekolah pada Sekolah Dasar (SD) di Tulungagung(Studi Deskriptif tentang Motivasi Siswa dalam Memanfaatkan
Perpustakaan Sekolah pada SD Negeri 1 Kampung Dalem, SD Negeri 1 Moyoketen, dan SD Islam Al-Badar Tulungagung).
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Perpustakaan sekolah yang memiliki fungsi sebagai sarana penyuplai
kebutuhan akademis, informasi dan rekreasi bagi warga sekolah serta
menawarkan berbagai jasa, layanan, dan fasilitas tidak akan dikenal jika
perpustakaan tidak senantiasa memupuk dan mempelajari motivasi pengguna
dalam memanfaatkan perpustakaan. Mengetahui motivasi pengguna merupakan
langkah untuk meningkatkan fasillitas dan layanan yang dimiliki serta
menentukan strategi ke depan demi tercapainya tujuan perpustakaan. Motivasi
sendiri merupakan dorongan yang timbul akibat adanya stimulus yang
mengakibatkan lahirnya suatu tindakan. Dalam kasus siswa sekolah dasar (SD)
motivasi dalam memanfaatkan perpustakaan seringkali timbul karena pengaruh
atau kendali lingkungan sekitar seperti pustakawan, guru, orang tua, teman,
kondisi gedung dan koleksi perpustakaan, maupun faktor lainnya. Penguatpenguat
seperti reward, pujian, sikap yang ramah, dukungan, maupun pemberian
tugas seringkali menjadi stimulus yang melatarbelakangi mereka dalam datang
memanfaatkan perpustakaan. Peneliti ingin mengetahui bagaimana motivasi siswa
SD dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah yang dilatarbelakangi oleh
penguatan dari agen-agen pengendali tersebut. Metode sampling yang digunakan
di dalam penelitian ini adalah purposive sampling untuk menentukan ketiga
sekolah yang akan dijadikan lokasi penelitian, kemudian diperoleh responden dari
ketiga sekolah tersebut. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
melalui metode survey dan wawancara kecil dengan para responden. Hasil yang
diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa penguat positif dengan angka
signifikan dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah datang dari ajakan teman,
kedua dari guru, dari orang tua, dari fasilitas perpustakaan dan terakhir adalah dari
pustakawan. Sedangkan penguat negatif dengan angka signifikan diantaranya
datang dari guru, kedua dari faktor ketidaknyamanan seperti stres dan bosan, dan
terakhir adalah dari kondisi lingkungan sekitar.
Actions (login required)
|
View Item |