Ursulla Cindy Lavista, 041310313048
(2016)
PROGRAM PROMO LWBP 2015 UNTUK MENINGKATKAN PEMAKAIAN LISTRIK PADA PELANGGAN INDUSTRI DI PT. PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA TIMUR.
Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Pada bab 4 ini berisi kesimpulan mengenai bab-bab yang telah diuraikan
sebelumnya dan saran-saran yang mungkin akan bermanfaat bagi PT. PLN
(Persero) Distribusi Jawa Timur dan Universitas Airlangga
4.1 Kesimpulan
Berdasarkan Praktik Kuliah Lapangan (PKL) yang dilaksanakan di PT. PLN
(Persero) Distribusi Jawa Timur, diambil kesimpulan yaitu upaya yang dilakukan
PT. PLN (Persero) untuk meningkatkan pemakaian listrik pada pelanggan industri
:
1. Dengan mengeluarkan Program Promo LWBP 2015. Selain untuk
meningkatkan pemakaian listrik bagi pelanggan industri, dengan adanya
Program Promo LWBP 2015, PT. PLN (Persero) berharap dapat mendorong
bergeraknya perekonomian Indonesia di tengah kelesuan ekonomi dunia.
Insentif yang diberikan melalui Program Promo LWBP 2015 adalah dengan
memberikan diskon tarif listrik sebesar 30%. Diskon diberikan apabila
pelanggan industri memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh
PT. PLN (Persero). Pelanggan industri yang berhak mengikuti program promo
dan mendapatkan diskon hanya pelanggan industri dengan golongan tarif I3
dan I4.
2. Tujuan diadakan Program Promo LWBP ini bisa berdampak kepada
pelanggan industri dan Kondisi Nasional. Bagi pelanggan industri, adanya
Program Promo LWBP 2015 dapat membantu mengurangi biaya operasi
industri dalam masa perekonomian yang sulit dan harga produk pun harus
lebih kompetitif. Sedangkan bagi Kondisi Nasional, adanya Program Promo
LWBP 2015 harga produk akan lebih murah sehingga daya beli masyarakat Indonesia akan meningkat dan perekonomian Indonesia akan tumbuh dengan
pesat.
4.2 Saran
Adapun saran-saran yang akan disampaikan oleh penulis semoga bermanfaat
bagi PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur dan Program Studi Diploma III
Manajemen Pemasaran Fakultas Universitas Airlangga, adalah sebagai berikut :
4.2.1 Bagi PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur
1. Sebaiknya dalam mengkomunikasikan tentang adanya promo, pihak PT. PLN
(Persero) lebih agrasif. Menggunakan media promosi yang ada.
2. Sebaiknya dalam memberikan diskon tidak hanya pelanggan industri dengan
golongan tarif I3 dan I4 saja. Namun, I1 dan I2 juga diberikan diskon.
Mengingat karena pelanggan industri I1 dan I2 adalah pengusaha pemula.
4.2.2 Bagi Program Studi Diploma III Manajemen Pemasaran Universitas
Airlangga
1. Sebaiknya program studi memberikan informasi mengenai mana saja
perusahaan yang menerima mahasiswa PKL.
2. Pada saat memberikan keputusan bahwa mahasiswa harus mencari sendiri
perusahaan untuk melakuka PKL, sebaiknya jangan terlalu mendadak.
Actions (login required)
|
View Item |