SOFYAN SHAURY, 041310513044
(2016)
PENGELOLAAN PENOMORAN SURAT SP/ASP DAN SURAT
NON-SP/ASP SERTA TELUSUR ARSIP AKTIF BERBASIS
E-SEKRETARIAT SYSTEM DI BAGIAN SEKRETARIAT
PT PETROKIMIA GRESIK.
Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Berdasarkan pembahasan yang telah diuraikan oleh penulis, maka dapat
disimpulkan bahwa:
1. PT Petrokimia Gresik merupakan pabrik pupuk terlengkap di Indonesia
yang memasok 50% kebutuhan pupuk subsidi nasional. Lalu lintas bisnis
yang padat tak terlepas dari aktivitas persuratan perusahaan. Kegiatan
pengelolaan persuratan dilaksanakan perusahaan secara sentralisasi di
bagian Sekretariat PT Petrokimia Gresik.
2. Klasifikasi surat perusahaan berdasarkan kepentingan yaitu surat SP/ASP
dan surat non-SP/ASP. Surat SP/ASP berupa surat perjanjian dan
addendum perjanjian, sedangkan surat non–SP/ASP berupa surat keluar,
nota dinas, surat keterangan, surat kuasa, surat edaran, surat keputusan,
surat pengumuman instruksi direksi, dan berita faksimile.
3. Pengelolaan penomoran surat SP/ASP dan surat non-SP/ASP berbasis
e-sekretariat system guna mempermudah dalam sistem korespondensi
perusahaan dan membantu kegiatan penciptaan surat perusahaan
khususnya dalam pemberian nomor surat SP/ASP dan surat non-SP/ASP,
pengarsipan secara elektronik, dan telusur arsip aktif.
4. Seluruh departemen di PT Petrokimia Gresik dapat mengakses aplikasi
e-sekretariat system menggunakan username dan password yang dimiliki
oleh sekretaris departemen.
5. Alur permohonan penomoran surat online perusahaan diatur dalam PR-13-
3101 PT Petrokimia Gresik, dimulai dari sekretaris departemen
mengajukan permintaan penomoran surat secara online, selanjutnya bagian
Sekretariat melakukan verifikasi nomor surat yang telah diajukan,
kemudian atasan sekretaris departemen memberikan legalisasi surat
dengan tanda tangan, selanjutnya bagian Sekretariat memberikan legalisasi
surat dengan cara menstempel surat pada tanda tangan, dan sekretaris departemen melakukan 2 (dua) kegiatan yaitu melakukan upload surat asli
yang telah dilegalisasi pada e-sekretariat system (sebagai backup) dan
memberikan surat copy ke bagian Sekretariat. Surat asli dan surat copy
akan disimpan sebagai arsip aktif perusahaan.
6. Telusur arsip aktif berbasis e-sekretariat system dilakukan jika departemen
lain membutuhkan arsip aktif, alur telusur arsip aktif berbasis e-sekretariat
system dimulai dari sekretaris departemen dapat melakukan pencarian di
bagian Sekretariat, selanjutnya bagian Sekretariat akan login pada
e-sekretariat system, apabila telah masuk halaman awal klik menu search
masukan keyword dari sekretaris departemen, jika surat telah ditemukan
klik download dan print, surat kemudian dapat diberikan ke sekretaris
departemen.
Actions (login required)
|
View Item |