Banteng Prasojo Dwiwarno, 071411623005
(2017)
KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN UMUM KABUPATEN TULUNGAGUNG.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Penelitian ini mengkaji untuk mengukur kualitas layanan Perpustakaan
Kabupaten Tulungagung Penilaian ini menilai kualitas layanan perpustakaan dalam
menggunakan metode libqual di Perpustakaan Kabupaten Tulungagung. Terdapat 4
dimensi yang digunakan dalam Libqual, meliputi Kemampuan & Sikap Pustakawan
Dalam Melayani (Service Affect - SA), Fasilitas & Suasana Ruang Perpustakaan
(Library as Place - LP), Petunjuk & Sarana Akses (Personal Control - PC), dan
Akses Informasi (Information Access - IA). Populasi diambil dari seluruh pengunjung
yang datang ke perpustakaan dengan jumlah sampel 100 responden dengan
karateristik yang berbeda – beda dan teknik yang digunakan adalah purposive
sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan Perpustakaan dari
dimensi Service affect dan Library as Place mendapat nilai Baik, karena pemustaka
merasa puas dengan layanan yang diberikan oleh pustakawan dan lokasi atau bentuk
perpustakaan menunjang bagi pengunjung. Sedangkan untuk dimensi Personal
Control dan Information Access mendapat nilai cukup. Hal ini dinilai kurang dari segi
aspek perlatan modern dan kecepatan serta kemudahan akses di perpustakaan
Kabupaten Tulungagung.
Oleh karena itu, kualitas layanan Perpustakaan Kabupaten Tulungagung
secara keseluruhan mendapatkan nilai cukup baik, namun ada beberapa aspek
pembenahan agar dapat memaksimalkan kinerja pemustaka di perpustakaan
Actions (login required)
|
View Item |