ELSHA QHUSNUL ROMADHONA, 041310513052
(2016)
KEGIATAN ADMINISTRASI PADA PELAYANAN CUSTOMER SERVICE
FINANCE AND ADMINISTRATION DEPARTMENT
PT ASTRA INTERNATIONAL, Tbk. – TSO WARU
SURABAYA.
Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Setelah melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan di PT Astra
International, Tbk. - TSO Waru, Surabaya selama tiga bulan pada Service
Division maka dapat disimpulkan bahwa:
1. Service Division merupakan salah satu bagian terkait yang berada di bawah
Finance and Administration Department ini memiliki tugas untuk melayani
servis pelanggan, mengelola transaksi dokumen servis pelanggan, melakukan
penagihan servis kepada pelanggan dan pelaporan kegiatan administrasi.
2. Administrasi Bengkel atau Service merupakan rangkaian kegiatan dalam
mengelola dokumen pelanggan secara tertib, rapi, hemat, berdaya guna dan
berhasil guna mengelola administrasi service tersebut meliputi penerimaan
data service dan pembiayaan service.
3. Kegiatan administrasi service ialah mengatur transaksi dokumen servis yang
diperoleh dari adanya permintaan servis dari pelanggan, baik dilakukan di
bengkel resmi maupun di tempat yang diminta oleh pelanggan.
4. Kegiatan sehari-hari administrasi servis adalah meng-input data servis
pelanggan dari PKB (Perintah Kerja Bengkel) yang telah dibuat oleh SA
(Service Advisor) untuk di billing dan menjadi kuitansi yang akan ditagihkan
ke pelanggan bersama faktu pajak dan tanda serah terima dokumen (bila
perusahaan yang dituju termasuk daftar PKS yang telah melakukan kerjasama
dengan pihak bengkel).
5. Adapun pembuatan warranty claim yang disampaikan oleh pelanggan ke
pihak dealer atas adanya jaminan oleh suatu perusahaan bahwa produk akan
diperbaiki atau diganti oleh TOYOTA apabila komponen produk tersebut
cacat atau rusak, bukan mengganti dengan kendaraan baru.
6. Untuk memperlancar kegiatan operasional sehari-hari, perusahaan juga
mendapat bantuan dari vendor (pihak luar) yang telah dipilih oleh PT Astra
International, Tbk.
Actions (login required)
|
View Item |