ANALISIS ELEMEN-ELEMEN FRAUD DIAMOND SEBAGAI DETERMINAN FINANSIAL STATEMENT FRAUD PADA PERUSAHAAN PERBANKAN DI INDONESIA

FAUZIAH WAHYUNINNGTIAS, 041414253004 (2017) ANALISIS ELEMEN-ELEMEN FRAUD DIAMOND SEBAGAI DETERMINAN FINANSIAL STATEMENT FRAUD PADA PERUSAHAAN PERBANKAN DI INDONESIA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
TESIS_FAUZIAH_W_1-min.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji fraud diamond terhadap kecurangan laporan keuangan. Teori fraud diamond menunjukkan empat faktor yang mempengaruhi kecurangan laporan keuangan yaitu tekanan (pressure), kesempatan (opportunity), rasionalisasi (rationalization) dan kapabilitas (capability).Tekanan diproksikan dengan rasio perubahan aset, leverage, ROA dan perbandingan penjualan dan piutang. Kesempata diproksikan dengan jumlah komite audit, rasio komisaris independen, jumlah pertemuan komite audit,, dan rasio komite audit independen. Rasionalitas di ukur dengan opini audit dan kapabilitas diukur dengan perubahan direksi.Kecurangan laporan keuangan diproksikan dengan sebuah komposit perhitungan yang dinamakan fraud score. Penelitian ini menggunakan perusahaan perbankan sebagai objek penelitiannya. Data dianalisis dengan menggunakan analisis faktor konfirmatori dan analisis regresi linier. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya pengaruh yang antara fraud diamond terhadap kecurangan laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 53/16 Wah a
Uncontrolled Keywords: fraud diamond, kecurangan laporan keuangan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
FAUZIAH WAHYUNINNGTIAS, 041414253004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorElia Mustikasari, Dr. , SE.,M.Si.,Ak.,CA,BKP, BAKUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2017 16:48
Last Modified: 28 Jan 2018 16:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55264
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item