BARIDWAN, M. SYARIEF HUSIN, NIM. 041012253 (2014) ANALISIS PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT PADA NV PYRAMID. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-baridwanms-34946-5.abstr-k.pdf Download (124kB) |
|
Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 B. 262_14 Bar a.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pengertian Total Quality management merupakan suatu konsep perbaikan yang dilaksanakan secara terus-menerus, yang melibatkan seluruh elemen dan karyawan pada setiap tingkatan organisasi dalam rangka untuk mencapai kualitas yang terbaik pada seluruh aspek organisasi melalui proses manajemen. Menurut ISO, Total Quality Management adalah pendekatan manajemen pada suatu organisasi, berfokus pada kualitas dan didasarkan atas partisipasi dari keseluruhan sumber daya manusia dan ditujukan pada kesuksesan jangka panjang melalui kepuasan pelanggan dan memberikan manfaat pada anggota organisasi (sumber daya manusianya) dan masyarakat. Tujuan utama Total Quality Management adalah perbaikan mutu dan pelayanan secara terus-menerus. Munculnya TQM juga dikarenakan adanya kekurangan atau kesalahan dalam menjalankan bisnis dengan mengunakan pendekatan tradisional. Beberapa kekurangan atau kesalahan tersebut (Fandy, 1995:329), antara lain sebagai berikut: (1)Berfokus pada jangka pendek, (2) Cenderung bersifat arogan, tidak berfokus pada pelanggan, (3) Memandang rendah kontribusi potensial karyawan, (4) Menganggap bahwa mutu yang lebih baik hanya dapat dicapai dengan biaya yang tinggi, (5) Mengutamakan bossmanship bukan leadership. Sedangkan TQM itu sendiri merupakan suatu teknik yang sering digunakan oleh organisasi baik yang bergerak di bidang jasa maupun manufaktur dalam rangka membantu meningkatkan kepuasan konsumen, kepuasan karyawan, dan produktifitas (Ibrahim, 2000).Persaingan yang kuat diantara sesama perusahaan menuntut setiapperusahaan berusaha dengan sebaik mungkin untuk meningkatkan kinerjanya masing-masing.Selain itu, perusahaan juga harus mampu untuk mengatasi segala kendala yang dapat menghambat perkembangan perusahaan agar kelangsungan hidup perusahaan dapat terjamin. Untuk mencapai visi masa depan organisasi dan bagaimana memasukan program TQM yang tepat,mendisain proses perubahan yang komprehensif, implementasi TQM dankaitannya dengan sistem baru, dan legalitas kelembagaan. Namun demikian, dalam situasi pasar yang semakin kompetitif dan penuh dengan ketidakpastian, maka dari itu diperlukan pengelolaan secara seksama sehingga dapat meningkatkan kualitas produknya, itu semua dapat dilakukan dengan membenahi kinerja operasi perusahaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B. 262/14 Bar a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | TOTAL QUALITY MANAGEMENT | ||||||
Subjects: | T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Sulistiorini | ||||||
Date Deposited: | 23 Jan 2015 12:00 | ||||||
Last Modified: | 25 Jul 2016 10:14 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5527 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |