PEMBERIAN TEPUNG CACING TANAH (Lumbricus Rubellus) SEBAGAI SUMBER PROTEIN DALAM RANSUM TERHADAP PRODUKSI TELUR, KONSUMSI DAN KONVERSI PAKAN BURUNG PUYUH (Coturnix coturnix)

HASTHARINA SAPTADESI, 068811417 (1993) PEMBERIAN TEPUNG CACING TANAH (Lumbricus Rubellus) SEBAGAI SUMBER PROTEIN DALAM RANSUM TERHADAP PRODUKSI TELUR, KONSUMSI DAN KONVERSI PAKAN BURUNG PUYUH (Coturnix coturnix). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FKH 777-93 SAP P.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung cacing tanah (Lumbricus rubellus) sebagai bahan pakan pilihan pengganti. tepung ikan dalam ransum terhadap produksi telur. konsumsi dan konversi pakan burung puyuh (Coturnix coturnix). Sejumlah 40 ekor burung puyuh betina (Coturnix coturnix) berumur empat minggu yang dibagi atas empat kelompok perlakuan secara acak, masing-masing kelompok terdiri dari 10 ekor burung puyuh. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (Complete Randomized Design) dengan empat perlakuan dan 10 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah PO (tanpa pemberian tepung cacing tanah). Pi (tepung cacing tanah sebanyak 2.5% dari total ransum), P2 (tepung cacing tanah sebanyak 5% dari total ransum) dan P3 (tepung cacing tanah sebanyak 7,5% dari total ransum). Hasil analisis varians yang dilanjutkan dengan UJl Beda Nyata Terkecil 5% (BNT 5%) menunjukkan bahwa pemberian tepung cacing tanah sebanyak 7.5% berpengaruh nyata (P<O,05) terhadap produksi telur. konsumsi dan konversi pakan burung puyuh. Pada pemberian tepung cacing tanah sebanyak 7.5% (P3) ternyata dapat meningkatkan produksi telur, menurunkan konsumsi dan nilai konversi pakan, sehingga dapat disimpulkan bahwa pada P3 memberikan hasil yang optimal dibandingkan pada perlakuan kontrol (PO).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC FKH 777/93 Sap p
Uncontrolled Keywords: ANIMAL FEED; BIRDS
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS2284-2288 Animal feeds and feed mills. Pet food industry
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
HASTHARINA SAPTADESI, 068811417UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Hidanah, , M.S., Ir.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 26 Mar 2017 20:36
Last Modified: 26 Mar 2017 20:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55464
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item