ANALISIS PRAGMATIK PADA SITKOM “TETANGGA MASA GITU?” DI NET TV TERHADAP PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DAN PRINSIP KESOPANAN

BELIA INTAN ZURAIDA, 121211133055 (2016) ANALISIS PRAGMATIK PADA SITKOM “TETANGGA MASA GITU?” DI NET TV TERHADAP PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DAN PRINSIP KESOPANAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FS. BI. 104-16 Zur a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk pelanggaran prinsip kerja sama dalam sitkom “Tetangga Masa Gitu?”, (2) mendeskripsikan pelanggaran prinsip kesopanan dalam sitkom “Tetangga Masa Gitu?”. Jenis penelitian ini merupakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan memanfaatkan pendekatan pragmatik. Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut, pertama, ditemukan adanya pelanggaran prinsip kerja sama yaitu (1) maksim kuantitas berupa pemberian informasi tidak seinformatif yang dibutuhkan dan informasi melebihi yang dibutuhkan, (2) maksim kualitas berupa pemberian informasi yang salah atau tidak benar, dan (3) maksim relevansi berupa pemberian informasi yang tidak relevan dengan masalah pembicaraan. Kedua, ditemukan adanya pelanggaran terhadap prinsip kesopanan yaitu (1) maksim kebijaksanaan berupa informasi yang membingungkan mitra tutur dan informasi yang merugikan mitra tutur, (2) maksim penerimaan berupa informasi yang mencemooh mitra tutur, (3) maksim kemurahan berupa rasa tidak hormat kepada mitra tutur, (4) maksim kerendahan hati berupa rasa bangga terhadap diri sendiri, dan (5) maksim kesimpatian berupa pemberian informasi antipati. Hal ini membuktikan bahwa setiap percakapan dalam sitkom tersebut sengaja memunculkan pelanggaran yang bertujuan untuk menimbulkan kesan lucu yaitu pelanggaran prinsip kerja sama dan prinsip kesopanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 104-16 Zur a
Uncontrolled Keywords: sitkom tetangga masa gitu, prinsip kerja sama, prinsip kesopanan, pragmatik.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
P Language and Literature > PJ Semitic > PJ6073-7144 Language
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
BELIA INTAN ZURAIDA, 121211133055UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBea Anggraini, S.S., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 26 Mar 2017 21:42
Last Modified: 26 Mar 2017 21:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55475
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item