Peningkatan jumlah fibroblas pada proses penyembuhan luka sayatan tikus wistar (Rattus norvegicus) setelah pemberian ekstrak kayu manis (Cinnamomum burmanii)

A Anastasia and Sosiawan, Agung and Oki, Aqsa Sjuhada (2014) Peningkatan jumlah fibroblas pada proses penyembuhan luka sayatan tikus wistar (Rattus norvegicus) setelah pemberian ekstrak kayu manis (Cinnamomum burmanii). Oral Biology Journal, 6 (1). pp. 25-30. ISSN 1979 - 8814

[img] Text (Peer review)
AGUNG SOSIAWAN 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (Artikel Jurnal)
JURNAL AGUNG SOSIAWAN #6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
Official URL: http://dentj.fkg.unair.ac.id/

Abstract

Latar belakang. Adanya luka dalam rongga mulut dapat mengganggu kenyamanan dan kesehatan penderita, sehingga proses penyembuhan luka yang baik sangat dibutuhkan. Kayu manis mengandung flavonoid, tanin dan saponin yang dapat meningkatkan jumlah fibroblas dan membantu proses penyembuhan luka. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan jumlah fibroblas pada proses penyembuhan luka sayatan tikus Wistar setelah pemberian ekstrak kayu manis. Metode. Hewan coba tikus Wistar dibagi menjadi kelompok kontrol dan perlakuan. Dilakukan penyayatan pada vestibulum anterior mandibula selebar 5mm. Kelompok perlakuan diberi ekstak kayu manis 20% dalam bentuk gel. Hewan coba dieksekusi pada hari ke-5 dan ke-7 dan dibuat sediaan HPA untuk kemudian dilakukan penghitungan jumlah fibroblas. Data dianalisis menggunakan uji One Way Anova. Hasil. Terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan perlakuan baik pada hari ke-5 maupun hari ke-7. Kesimpulan. Terdapat peningkatan jumlah fibroblas pada penyembuhan luka sayatan tikus Wistar setelah pemberian ekstrak kayu manis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: cinnamon (Cinnamomum burmanii), wound healing, incision, fibroblast
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
A AnastasiaUNSPECIFIED
Sosiawan, AgungUNSPECIFIED
Oki, Aqsa SjuhadaUNSPECIFIED
Depositing User: Rudy Febiyanto
Date Deposited: 19 Apr 2017 23:34
Last Modified: 19 Apr 2017 23:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55502
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item