PROSES PENGARSIPAN DALAM MENUNJANG KEGIATAN ADMINISTRASI DI HUMAN CAPITAL SECTION PT ANGKASA PURA 1 (PERSERO) KANTOR CABANG BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA

EKA AYU ERVALIANA, 041310513006 (2016) PROSES PENGARSIPAN DALAM MENUNJANG KEGIATAN ADMINISTRASI DI HUMAN CAPITAL SECTION PT ANGKASA PURA 1 (PERSERO) KANTOR CABANG BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FV.MPK. 47-16 Erv p abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FV.MPK. 47-16 Erv p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

3.1 Simpulan Berdasarkan hasil yang diperoleh selama kegiatan praktik kerja lapanganyang berlangsung selama tiga bulan yaitu pada tanggal 1 Februari 2016sampai dengan 29 April 2016, di Human Capital Section PT Angkasa Pura 1 (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Maka simpulan yang dapat dikemukakan adalah: 1. Human Capital Section memiliki tugas dan tanggung jawab untuk memastikan terimplementasikannya kebijakan dan strategi bidang human capital melalui pengelolaan human capital administration dan industrial relation yang efektif guna mendukung tercapainya kepuasaan pelanggan internal atas shared services berdasarkan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP). 2. Kegiatan selama pelaksanaan praktik kerja lapangan adalah sebagai berikut: a. Mendistrisibusikan surat atau ekspedisi surat b. Menginput surat keluar dan surat masuk c. Mengarsip dan merapikan dokumen d. Memusnahkan arsip atau dokumen e. Menggandakan dokumen atau fotokopi f. Menelepon dan menerima telepon g. Mendata cuti karyawan h. Mengecek data perpanjangan dan tunjangan lisensi & rating pegawai i. Menginput kenaikan gaji berkala dan potongan gaji pegawai j. Mengupdate jumlah pegawai perusahaan k. Mendata pas foto pegawai l. Mendata petugas TNI yang diperbantukan di Bandara 3. Dalam melakukan kegiatan pengarsipan dokumen, sistem kearsipan yang baik adalah sistem yang mampu mendukung implementasi seluruh siklus hidup arsip yang merupakan aspek penting yang harus dimiliki oleh pengelola kearsipan dan semua pihak yang berkepentingan terhadap arsip. Selain itu, penggunaan teknologi dan kerapian dalam menyusun arsip sangat membantu efektivitas kinerja karyawan, tentunya pekerjaan yang dikerjakan akan terselesaikan dengan cepat. 3.2 Saran Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan, dapat dikemukakan beberapa saran, antara lain: 1. Bagi Perusahaan a. Perlu pembenahan dalam penataan arsip pada ruang arsip khusus Human Capital Section. Penataan yang dimaksud adalah dengan menempatkan ordner yang berisi dokumen pribadi pegawai sesuai dengan divisi maupun departemennya, dan diurutkan sesuai dengan sistem arsip yang diterapkan yaitu sistem abjad. Kemudian juga perlu adanya tanda atau keterangan divisi-divisi maupun departemen, agar tertata dengan rapi dan tidak membingungkan petugas arsip. Selain itu juga pentingnya pemahaman oleh pegawai untuk menempatkan ordner arsip sesuai dengan tempatnya semula agar tidak tercampur satu sama lain. b. Pembenahan pengarsipan dokumen yang ada di ruangan kerja, sesuai dengan perihal maupun skala pentingnya. Selain itu juga penataan yang rapi juga sangat dibutuhkan dalam menata ordner agar memudahkan penemuan kembali dokumen saat dibutuhkan sehingga tidak mengganggu pekerjaan. c. Pengenalan mengenai administrasi dan alur surat lebih mendalam lagi, seperti penanganan surat masuk yang harus diarsip terlebih dahulu di sistem arsip komputer sebelum di disposisi ke Human Capital Section Head, kemudian ditindak lanjuti oleh pegawai yang bersangkutan sesuai dengan bidangnya. Selain itu juga penanganan surat keluar maupun surat yang harus didistribusikan ke semua divisi dan departemen. Hal tersebut bertujuan agar mahasiswa praktik kerja lapangan dapat menggantikan tugas sekretaris jika berhalangan hadir kerja maupun ada pelatihan-pelatihan di luar kantor. 2. Bagi Program Studi Sebaiknya dilakukan penyamaan format dan buku panduan terlebih dahulu oleh dosen pembimbing, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dengan mahasiswa. Dengan penyamaan format dari awal bimbingan, maka mahasiswa akan sangat terbantu dalam menyelesaikan laporan praktik kerja lapangan

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.MPK. 47-16 Erv p
Uncontrolled Keywords: PENGARSIPAN, ADMINISTRASI, HUMAN CAPITAL SECTION PT ANGKASA PURA 1 (PERSERO) KANTOR CABANG BANDAR UDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary > HV7935-8025 Administration and organization
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran
Creators:
CreatorsNIM
EKA AYU ERVALIANA, 041310513006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIda Setya Dwi Jayanti, SE., M.M.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 29 Mar 2017 19:36
Last Modified: 18 Apr 2017 20:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55568
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item