PROSEDUR PEMBAYARAN PREMI BAGI PEMEGANG POLIS ASURANSI JIWA BERSAMA (AJB) BUMIPUTERA 1912 KANTOR PEMASARAN AGENCY TUNJUNGAN SURABAYA

RIZKY ARIFANI, 041310513005 (2016) PROSEDUR PEMBAYARAN PREMI BAGI PEMEGANG POLIS ASURANSI JIWA BERSAMA (AJB) BUMIPUTERA 1912 KANTOR PEMASARAN AGENCY TUNJUNGAN SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FV.MPK. 48-16 Ari p abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
FV_MPK_48-16_Ari_p-min.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

3.1 Simpulan Berdasarkan latar belakang dan pembahasan, peran Administrasi Keuangan dibutuhkan oleh perusahaan dalam kegiatan untuk mendukung aktivitas operasional. Apabila tanpa adanya kegiatan tersebut maka proses operasional perusahaan tidak dapat berjalan dengan lancar. Dalam bidang asuransi, administrasi keuangan dapat berupa proses pembayaran premi asuransi bagi pemegang polis. Dalam hal ini maka dapat ditarik simpulan bahwa: 1. AJB Bumiputera 1912 merupakan perusahaan yang menawarkan produkproduk asuransi yang dapat memberikan perlindungan dan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat. 2. Dalam pelaksanaan pengelolaan transaksi, perusahaan menerapkan pembayaran premi asuransi melalui teller bank sehingga dapat berjalan dengan efektif dan efisien serta dapat memudahkan pemegang polis. Bank Negara Indonesia (BNI) merupakan mitra kerja AJB Bumiputera 1912 yang dapat digunkaan apabila pemegang polis akan membayar premi asuransi. 3. Prosedur pembayaran premi asuransi adalah suatu urutan tata kerja atas berpindahnya sejumlah uang dari tertanggung kepada penanggung yang harus dibayarkan sebagai kewajiban atas keikutsertaannya di asuransi. 4. Pembayaran premi memiliki unsur-unsur yang dapat menunjang proses operasional perusahaan yaitu unsur penagihan, unsur administrasi dan keuangan. Dalam unsur penagihan, agen berperan penting untuk mensosialisasikan prosedur pembayaran premi asuransi hingga melakukan penagihan secara berkala. Sedangkan dalam unsur administrasi dan keuangan, kasir berperan penting untuk mencatat setiap transaksi yang berkaitan dengan pembayaran premi asuransi. 5. Setoran premi asuransi dari pemegang polis dapat dibayarkan dalam jangka waktu yang beragam seperti bulanan, triwulan, semesteran (setengah tahunan) dan tahunan. Masing-masing jangka waktu tersebut memiliki ketentuan yang berbeda-beda sesuai dengan produk asuransi yang dibutuhkan. 6. Dokumen yang dibutuhkan dalam pembayaran premi dapat berupa note setoran tunai yang berasal dari BNI, bukti setoran tunai yang berasal dari BNI, bukti penerimaan setoran premi asuransi (rekonsiliasi bank), voucher rekap rekonsiliasi bank. 7. Prosedur pembayaran premi asuransi bagi pemegang polis AJB Bumiputera 1912 yaitu: 1) Pemegang polis datang ke Bank Negara Indonesia (BNI) dengan membawa uang sejumlah premi asuransi dan catatan nomor polis. 2) Pemegang polis mengambil dan mengisi “note setoran tunai”. 3) Pemegang polis menyerahkan note tersebut dan uang sebesar premi asuransi ke teller bank. 4) Teller bank memproses transaksi dan mengirimkan bukti rekap pembayaran premi asuransi pemegang polis ke bagian kasir Kantor Pemasaran Agency Tunjungan Surabaya berupa rekonsiliasi bank melalui aplikasi. 5) Kasir mencatat penerimaan premi asuransi ke dalam lembar buku harian setoran premi asuransi dan dimintakan validasi kepada Kepala Cabang dan Kepala Unit Administrasi dan Keuangan (KUAK). 6) Kasir membuat voucher rekap transaksi berdasarkan bukti penerimaan setoran premi asuransi. 3.2 Saran Berdasarkan pengamatan selama kegiatan praktik kerja lapangan di AJB Bumiputera 1912 Kantor Pemasaran Agency Tunjungan Surabaya terdapat beberapa saran atau bahan masukan yang bermanfaat bagi seluruh pihak yang bersangkutan dalam pelaksanaan praktik kerja lapangan selanjutnya. Adapun saran-saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut: 1. Bagi AJB Bumiputera 1912 Kantor Agency Tunjungan Surabaya Beberapa saran yang dapat diberikan yaitu: 1) Meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja terkait dengan kualitas pelayanan yang selama ini telah berjalan dengan baik. 2) Perlu adanya perbaikan dan perawatan mesin-mesin yang berhubungan dengan kegiatan operasional untuk memudahkan kegiatan pegawai menjalankan tugasnya. 3) Karyawan khususnya pada bagian agen lebih teliti dalam memeriksa kelengkapan penulisan data pemegang polis seperti nama, nomor polis, nominal apabila melakukan transaksi pemabayaran premi asuransi. 4) Agen lebih teliti dalam penyampaian nomor rekening AJB Bumiputera 1912 Kantor Pemasaran Tunjungan Surabaya ke pemegang polis. Salah satu cara agar tidak memberikan nomor rekening yang salah, yaitu dengan memberikan kartu nama yang telah disediakan oleh perusahaan. 5) Agen harus lebih aktif dalam melakukan penagihan premi asuransi agar tidak terjadi jatuh tempo pada polis asuransi pemegang polis. 2. Bagi Program Studi Diploma III Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran Universitas Airlangga Beberapa saran yang dapat diberikan yaitu: 1) Sebaiknya menyediakan beberapa referensi perusahaan atau instansi apabila mahasiswa belum menemukan tempat pelaksanaan praktik kerja lapangan. 2) Sebaiknya memberikan kurikulum dalam bidang administrasi perkantoran yang sesuai dengan kemajuan teknologi dan informasi agar mahasiswa lebih siap dalam menghadapi dunia kerja. 3) Sebaiknya menyediakan fasilitas dalam hal speed typing, dikarenakan dalam dunia kerja sangat membutuhkan keahlian speed typing yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.MPK. 48-16 Ari p
Uncontrolled Keywords: PROSEDUR PEMBAYARAN PREMI, PEMEGANG POLIS, ASURANSI JIWA BERSAMA (AJB) BUMIPUTERA 1912
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8751-9295 Life insurance
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary > HV7935-8025 Administration and organization
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran
Creators:
CreatorsNIM
RIZKY ARIFANI, 041310513005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSedianingsih, Dr., SE., M.Si., Ak., CMA., CA.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 29 Mar 2017 19:47
Last Modified: 29 Jan 2018 21:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55569
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item