EVALUASI PENGELOLAAN DAN RANCANGAN PERBAIKAN CASH CARD DI PT PERTAMINA (PERSERO) MARKETING OPERATION REGION V DENGAN PENDEKATAN DIAGRAM FISHBONE DAN ROOT CAUSE ANALYSIS

YUDI DHARMAWAN, 041414353044 (2017) EVALUASI PENGELOLAAN DAN RANCANGAN PERBAIKAN CASH CARD DI PT PERTAMINA (PERSERO) MARKETING OPERATION REGION V DENGAN PENDEKATAN DIAGRAM FISHBONE DAN ROOT CAUSE ANALYSIS. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
TESIS YUDI 1-min.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region V dalam melaksanakan mekanisme pencatatan penggunaan dana di unit kerja menerapkan penggunaan cash card. Cash card merupakan layanan kartu debit perusahaan sebagai sarana transaksi petty cash yang dialokasikan secara terpusat. Penelitian ini menganalisis masalah dalam pengelolaan Cash Card dan memberikan usulan perbaikan untuk masalah yang ada di PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region V Surabaya melalui Diagram Fishbone dengan menggunakan kategori man, equipment, method, environtment, dan process, yang selanjutnya dilakukan Root Cause Analysis (RCA). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian eksploratory. Penelitian ini menggunakan Single Case Study, dengan menggunakan wawancara, observasi dan melihat dokumen internal perusahaan. Dari penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa over budget penggunaan cash card di PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region V Surabaya terjadi saat adanya keterlambatan pertanggungjawaban penggunaan cash card. Dengan penggunaan cash card sangat membantu dalam kegiatan pembiayaan operasional berupa pembayaran PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak), clearance in/out. Dalam mempermudah penggunaan cash card juga perlu memperhatikan jangka waktu pertanggungjawaban penggunaan cash card sesuai TKO dimana tujuh hari kerja yang berujung pada pemblokiran kartu debit cash card. Kecepatan clearing dokumen setoran pengambilan cash card juga diharapkan membantu proses pertanggungjawaban oleh pengguna cash card.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM 47/16 Dha e
Uncontrolled Keywords: Cash Card, Diagram Fishbone, Root Cause Analysis, Single Case Study
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
YUDI DHARMAWAN, 041414353044UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuparno, Prof. Ir. , MSIE., Ph.D.,UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2017 23:07
Last Modified: 24 Aug 2017 00:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55589
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item