Pengaruh Pemberian Ekstrak Testis Tikus (Rattus Norvegicus) Terhadap Fertilitas Mencit Betina (Mus Musculus)

Qatrina Sudoro Wasthi, - (2000) Pengaruh Pemberian Ekstrak Testis Tikus (Rattus Norvegicus) Terhadap Fertilitas Mencit Betina (Mus Musculus). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk kh 61.01 was p.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT - Qatrina Sudoro Wasthi.pdf

Download (20MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak testis tikus (Rattus norvegicus) terhadap fertilitas mencit betina (Mus musculus). Pengukuran berdasarkan angka kebuntingan dan jumlah fetus yang dikandung dalam satu periode kebuntingan. Dalam penelitian ini digunakan 28 ekor mencit betina yang pemah beranak satu kali dengan berat rata-rata 25-35 g. Penghitungan dengan menggunakan uji Kruskal Wallis yang terdiri atas empat kelompok perlakuan dengan tujuh ulangan. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Ekstrak testis dibuat dari testis segar tikus yang pernah membuntingi dengan cara digerus lalu diencerkan dengan NaCl 0,9 persen kemudian dilakukan sentrifuge. Pemberian ekstrak testis secara penyuntikan intramuskular. Kelompok PO sebagai kelompok kontrol diberi NaCI 0,9 persen 0,2 mlfhari selama 15 hari, kelompok perlakuan I (PI) diberi ekstrak: testis 0,2 m1 satu kali pada awal perlalman, kelompok perlakuan II (P2) 0,2 ml/5 hari selama 15 hari, dan kelompok perlakuan III (P3) 0,2 ml/bari selama 15 hari. Pada hari ke-16 mencit betina dikawinkan dengan mencit jantan menggunakan metode perkawinan Harem untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak testis tikus selama waktu tertentu terhadap fertilitas mencit betina. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian ekstrak testis tikus selama waktu tertentu pada mencit betina menyebabkan penurunan angka kebuntingan (p<0,05) dan penurunan jumlah fetus yang dikandung dalam satu periode kebuntingan (p<O,O 1 ).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 61/01 Was p
Uncontrolled Keywords: Testis Tikus, Rattus Norvegicus, Fertilitas, Mencit Betina, Mus Musculus
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > Including veterinary genetics, ethology, anatomy, physiology, embryology, pathology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Qatrina Sudoro Wasthi, -NIM069412073
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorSuherni Susilowati, -NIDN0026065905
ContributorWurlina Meles, --
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 30 Mar 2017 18:56
Last Modified: 06 Apr 2023 07:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55606
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item