EKSPRESI E-CADHERIN DAN MMP-1 PADA ADENOKARSINOMA KOLOREKTAL TANPA METASTASIS DAN DENGAN METASTASIS KELENJAR GETAH BENING

Rusdamayanti, NIM011181407 (2016) EKSPRESI E-CADHERIN DAN MMP-1 PADA ADENOKARSINOMA KOLOREKTAL TANPA METASTASIS DAN DENGAN METASTASIS KELENJAR GETAH BENING. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
PPDS. PA. 07-16 Rus a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang Karsinoma kolorektal merupakan keganasan terbanyak di dunia. Stadium penyakit ini ditentukan oleh ukuran tumor, metastasis KGB regional dan metastasis jauh pada organ lain. Metastasis karsinoma kolorektal pada kelenjar getah bening (KGB) melibatkan beberapa protein yang berperan dalam adesi sel seperti E-cadherin dan MMP-1. Penurunan protein E-cadherin menyebabkan ikatan antar sel menjadi renggang dan terlepas. MMP-1 merupakan enzim kolagen yang berperan dalam degradasi matriks ekstraseluler. Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis ekspresi E-cadherin dan MMP-1 pada karsinoma kolorektal untuk mengungkap peran kedua protein tersebut dalam proses metastasis KGB. Metode Sampel penelitian adalah blok parafin adenokarsinoma kolorektal di Departemen Patologi Anatomi RSUD. Dr. Soetomo Surabaya selama 2014-2016. Dua puluh tujuh sampel terdiri dari dua kelompok, yaitu 13 kelompok metastasis KGB dan 14 kelompok tanpa metastasis KGB, kemudian dilakukan pemeriksaan imunohistokimia dengan antibodi E-cadherin dan MMP-1. Perbedaan ekspresi E-cadherin dan MMP-1 dianalisis dengan uji statistik T, sedangkan korelasi antara E-cadherin dan MMP-1 diuji dengan Spearman. Hasil Ekspresi E-cadherin pada adenokarsinoma kolorektal dengan metastasis KGB menurun dibandingkan dengan adenokarsinoma kolorektal tanpa metastasis. Ekspresi MMP-1 pada kedua kelompok tersebut tidak menunjukkan perbedaan yang bermakna. Ekspresi E-cadherin dan MMP-1 pada adenokarsinoma kolorektal menunjukkan hubungan yang tidak bermakna. Kesimpulan Penurunan ekspresi E-cadherin terbukti berperan dalam proses metastasis KGB pada adenokarsinoma kolorektal, tetapi peningkatan ekspresi MMP-1 tidak berperan dalam metastasis KGB adenokarsinoma kolorektal.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS PA 07-16 Rus e
Uncontrolled Keywords: E-cadherin, MMP-1, adenokarsinoma kolorektal
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Patologi Anatomi
Creators:
CreatorsNIM
Rusdamayanti, NIM011181407NIM011181407
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWilly Sandhika, Dr. , dr., M.Si., Sp.PA(K)UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 02 Apr 2017 21:10
Last Modified: 02 Apr 2017 21:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55673
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item