ANALISIS PERBEDAAN PENGARUH ANTARA KOMITMEN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA, NIAT KELUAR DAN PRESTASI KERJA KARYAWAN BAGIAN OPERASIONAL DAN BAGIAN ADMINISTRASI PT. WIRA ARIANDI DI TARAKAN KALIMANTAN TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA

Donny Wira Priangga, 049912515 (2005) ANALISIS PERBEDAAN PENGARUH ANTARA KOMITMEN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA, NIAT KELUAR DAN PRESTASI KERJA KARYAWAN BAGIAN OPERASIONAL DAN BAGIAN ADMINISTRASI PT. WIRA ARIANDI DI TARAKAN KALIMANTAN TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk B 273.05 pri a.pdf

Download (96kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Setiap perusahaan selayaknya memperhatikan dan mengelola karyawan yang merupakan asetnya dengan baik karena dengan pengelolaan yang baik akan diperoleh karyawan yang mempunyai komitmen kerja yang kuat, memiliki kepuasan yang tinggi, niat keluar yang rendah, dan prestasi tinggi sesuai harapan perusahaan serta karyawan itu sendiri. Demikian pula yang terjadi pada PT. Wira Ariandi di Tarakan Kalimantan Timur, salah satu sumber daya yang berperan penting dalam pencapaian kelancaran dan kesuksesan perusahaan adalah sumber daya manusia, karena semua aktivitas serta kelangsungan hidup perusahaan dikendalikan oleh para karyawan perusahaan, diantaranya oleh bagian operasional dan administrasi. Untuk itulah perusahaan berusaha mengelola karyawan sebaik-baiknya dengan harapan akan diperoleh karyawan yang mempunyai komitmen kerja kuat, memiliki kepuasan yang tinggi, niat keuar yang rendah, dan prestasi tinggi pada bagian operasional dan administrasi. Pengujian dilakukan dengan menggunakan alat uji Anova dan Manova dengan hasil sebagai berikut : 1. Hipotesis pertama terbukti kebenarannya nilai F hitung sebesar 27,148 yang mempunyai nilai signifikan sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 sehingga dihasilkan perbedaan pengaruh dari komitmen kerja karyawan terhadap kepuasan kerja antara karyawan bagian operasional dan bagian administrasi pada PT. Wira Ariandi di Tarakan Kalimantan Timur dinyatakan signifikan atau berarti. 2. Hipotesis kedua terbukti kebenarannya karena nilai F hitung sebesar 18,877 dan angka signifikan sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 sehingga dihasilkan terdapat perbedaan pengaruh dari komitmen kerja karyawan terhadap niat keluarnya karyawan antara karyawan bagian operasional dan bagian administrasi pada PT. Wira Ariandi di Tarakan Kalimantan Timur secara signifikan. 3. Pembuktian hipotesis ketiga juga terbukti kebenarannya karena nilai F hitung sebesar 63,581 dengan angka signifikan sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat dinyatakan terdapat perbedaan pengaruh dari komitmen kerja karyawan terhadap prestasi kerja antara karyawan bagian operasional dan bagian administrasi pada PT. Wira Ariandi di Tarakan Kalimantan Timur secara berarti atau signifikan. 4. Pembuktian hipotesis keempat, dengan menggunakan uji Manova menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh dari komitmen kerja karyawan terhadap kepuasan kerja, prestasi kerja, dan niat keluarnya karyawan secara bersama-sama antara karyawan bagian operasional dan bagian administrasi pada PT. Wira Ariandi di Tarakan Kalimantan Timur, diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 273/05 Pri a FILE FULLTEXT TIDAK ADA
Uncontrolled Keywords: ORGANIZATION - MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
H Social Sciences > HG Finance > HG4301-4480.9 Trust services. Trust companies
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Donny Wira Priangga, 049912515UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNuri Herachwati, Dra.,Ec.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 19 Apr 2017 22:27
Last Modified: 19 Apr 2017 22:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55733
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item