ANALISIS TINGKAT KEPENTINGAN UNSUR-UNSUR KEMASAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JUS BUAH DALAM KEMASAN OLEH KONSUMEN

DIAN WAHYU ANDRIANI, 049916353 (2005) ANALISIS TINGKAT KEPENTINGAN UNSUR-UNSUR KEMASAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JUS BUAH DALAM KEMASAN OLEH KONSUMEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk B 320.05 And a.pdf

Download (102kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peran kemasan dewasa ini tidak hanya berfungsi sebagai pelindung produk. Fungsi kemasan semakin melebar sehingga mampu menggambarkan perhatian pada sebuah merek, memisahkan merek dari kumpulan produk, menyesuaikan harga atau nilai bagi konsumen, menandakan atau mengartikan berbagai fitur dan keuntungan merek dan mampu berperan sebagai stimuli pemasaran yang mempengaruhi keputusan pembelian. Kemampuan kemasan untuk meyakinkan konsumen bisa terasa tidak mudah karena adanya perbedaan konsumen dalam memandang unsur kemasan yang dirasa penting. Pemasar dituntut agar dapat mengantisipasi seluruh kebutuhan dan keinginan yang sesuai dengan hasrat dari konsumen dan mampu menawarkan kemasan yang paling diminati konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui unsur¬-unsur kemasan yang paling diperhatikan oleh konsumen pada produk minuman jus buah dan mengetahui bagaimana kombinasi dari unsur-unsur kemasan produk minuman jus buah yang paling dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahapan. Tahap 1 bertujuan untuk mengetahui unsur-unsur kemasan jus buah yang paling diperhatikan. Penelitian ini bersifat eksploratif, dimana identifikasi eksplorasi unsur-unsur kemasan diperoleh dari focus group interview. Unsur-unsur kemasan yang diperoleh selanjutnya digunakan untuk pembuatan kombinasi dengan menggunakan experimental design dan hasilnya dianalisis dengan teknik Conjoint Analysis pada tahap 2. Hasil Conjoint Analysis menyatakan bahwa unsur kemasan yang paling diperhatikan konsumen ketika mengevaluasi kemasan jus buah (sesuai urutan kepentingannya), yaitu bentuk, bahan, ukuran, informasi, gambar dan warna, sedangkan kombinasi ideal yang paling mempengaruhi keputusan pembelian adalah warna lembut, bahan karton, bentuk dasar kotak atas meramping, ukuran sedang, informasi yang mengandung informasi merek, logo perusahaan, komposisi bahan, identitas produsen, negara asal, cara pemakaian, dan pemeliharaan, kode dagang, pengumuman kadaluwarsa, komposisi gizi, informasi kehalalan dan kandungan bahan pengawet, gambar ilustrasi buah sesuai rasa. Hasil penelitian ini secara khusus dapat dimanfaatkan sebagai masukan oleh pihak produsen yang memanfaatkan kemasan sebagai stimuli pemasaran untuk mendesain kemasan jus buah yang paling ideal yang mampu mempengaruhi keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK B 320/05 And a FILE FULL TEXT TIDAK ADA
Uncontrolled Keywords: STRATEGIC PLANNING, MARKETING ; PSYCHOLOGY INDUSTRIAL
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
T Technology > TS Manufactures > TS155-194 Production management. Operations management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
DIAN WAHYU ANDRIANI, 049916353UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Gunawan, Drs., M.Com., DBAUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 19 Apr 2017 17:14
Last Modified: 19 Apr 2017 17:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55749
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item