ANALISIS KESELAMATAN PEKERJAAN (JOB SAFETY ANALYSIS) Di Bengkel Plat Tipis Divisi Kapal Niaga PT. PAL INOONESIA(Persero) Surabaya

ANISA SOFIA NINGRUM, 100310390 H (2006) ANALISIS KESELAMATAN PEKERJAAN (JOB SAFETY ANALYSIS) Di Bengkel Plat Tipis Divisi Kapal Niaga PT. PAL INOONESIA(Persero) Surabaya. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FKM HKK 25-06 NIN A.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

produksi dan perbaikan kapal, yaitu kapal perang dan kapal niaga Salah satu unit produksi adalah bagian bengkel TPS dan dalam proses produksinya terdapat aneaman bahaya keeelakaan. Bahaya yang ada di bengkel ini adalah mata kemasukan gram dengan 31 hari hilang, terkena sinar las dengan 14 hari hHang. Untuk mengurangi tingkat bahaya, salah satu metode adalah menggunakan JSA (Job Safety Analysis) Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk mempraktekkan eara menyusun JSA Studi ini merupakan studi deskriptif yang bermaksud menggambarkan potensi bahaya tiap langkah kerja pekeIjaan serta pengendalian bahaya yang ada dibengkel Plat Tipis. Dibagian ini dilakukan pekerjaan berikut yaitu : pekeIjaan pengelasan yang menggunakan las listrik jenis SAW (Submerged Arc Welding), pemotongan dengan menggunakan las karbit (cuffing torch), penggerindaan dengan menggunakan gerinda tangan, pembentukan dengan menggunakan mesin bending roll, pengeboran logam dengan menggunakan mesin bor logam. Objek dalam penelitian ini adalah operator dengan proses pekeIjaan tersebut.. HasH JSA menunjukkan bahwa potensi bahaya adalah mata kemasukan gram, terkena sinar las, teljepit, Ieeet, terbakar. Upaya pengendalian yang diusulkan dengan memasang pengaman pada mesin, pelaksanaan program 5R, kontrollingkungan keIja, pemakaian APD seeara benar sesuai pekeIjaan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut perusahaan disarankan melakukan pengendalian seeara menyeluruh yang meliputi pengendalian seeara teknik, administratif, dan APD dalam pembuatan instruksi keIjanya, agar tenaga keIja bekerja dengan aman sesuai instruksi dan kecelakaan yang sarna tidak terulang lagi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC FKM HKK 25/06 Nin a
Uncontrolled Keywords: INDUSTRIAL SAFETY
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
ANISA SOFIA NINGRUM, 100310390 HUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSho'im Hidayat, , dr.., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 04 Apr 2017 17:52
Last Modified: 04 Apr 2017 18:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55844
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item