RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) UNTUK PENYEBARAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DI SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS

CHUSNUL ISLAMIYAH, 081211631056 (2016) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) UNTUK PENYEBARAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DI SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKC KK ST.SI 27 -16 Isl r-Abstrak.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
KKC KK ST.SI 27 -16 Isl r.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit Demam Berdarah (DBD) adalah penyakit infeksi oleh virus Dengue yang dapat menimbulkan renjatan (shock) dan kematian. Kota Surabaya menjadi salah satu wilayah rawan DBD terburuk di Propinsi Jawa Timur. Sehingga dibutuhkan penanganan dan perhatian intensif secara tepat dan cepat pada wilayah yang terjangkit DBD tinggi. Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem informasi geografis untuk penyebaran penyakit DBD di Surabaya menggunakan metode k-Means. Tahapan metodologi penelitian meliputi pengumpulan data, analisis sistem,perancangan sistem, implementasi sistem, pengujian sistem, serta evaluasi sistem. Kriteria sebagai variabel yang digunakan adalah jumlah penderita penyakit DBD dan faktor geografis setiap Kecamatan diantaranya pasar, sungai dan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) dikelompokkan dengan metode k-Means. Dari kriteria tersebut dikelompokkan menjadi 3 kelompok yang diinisialisasikan dengan C1,C2 dan C3. Hasil dari pengelompokan tersebut kemudian dipetakan ke dalam peta Surabaya dengan bantuan Google Map. Dalam peta tersebut kelompok C1 ditandai dengan warna kuning, warna hijau untuk kelompok C2 dan warna merah untuk Kelompok C3. Untuk mengetahui validasi sistem dilakukan evaluasi sistem dengan cara membandingkan hasil perhitungan manual dengan hasil sistem. Dari evaluasi sistem hasil validasi sudah sesuai. Dari hasil kuesioner menunjukkan bahwa sistem dapat digunakan dengan mudah (user friendly).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI 27-16 Isl r
Uncontrolled Keywords: clustering, dengue hemorrhagic fever, geographic information systems, k-means algorithm
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA174 Engineering design
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
CHUSNUL ISLAMIYAH, 081211631056UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPurbandini, S.Si., M.KomUNSPECIFIED
Thesis advisorIndah Werdiningsih, S.Si., M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 05 Apr 2017 19:47
Last Modified: 05 Apr 2017 20:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56016
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item