TJANDRA KOESOEMAWATI, 078711473
(1994)
PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
DITINJAU DARI
METODE TRADISIONAL DAN CBSA
PADA SISWA -SISWA KELAS IV SD
DI SDK. ST. THERESIA SURABAYA.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari metode Tradisional dan metode CBSIJ pada siswa-siswa kelas IV SD di SDK. St. Theresia Surabaya.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SO di SOK. St. Theresia Surabaya yang berjumlah 62 anak, dengan C1r1-C1r1 populasinya usia 10-11 tahun, pendidikan kelas IV SO, kemampuan memahami pelajaran matematika yang ditunjukkan dengan rata-rata nilai rapor untuk pelajaran matematika 6,5 dan berstatus sosial ekonomi menengah ke atas. Sedangkan sampel diambil dari keseluruhan populasi yang memenuhi syarat-syarat seperti ciri-ciri populasi.
Matematika dipilih sebagai bidang yang akan diteliti karena matematika sebagai mata pelajaran dasar dan sebagai sarana berpikir ilmiah perlu diupayakan penanganannya sejak sekolah dasar (SO), karena rendahnya prestasi belajar matematika di SO akan dapat mempengaruhi prestasi belajar matematika pada pendidikan selanjutnya. Kelas IV sebagai kelas pertengahan di SO memiliki peran yang cukup menentukan sebagai dasar pemahaman terhadap berbagai macam pengetahuan khususnya matematika ,karena mulai kelas IV lah pelajaran matematika menginjak ke hal-hal yang lebih kompleks, dalam penelitian ini yang dibahas adalah matematika pokok bahasan tentang pecahan.
Analisa data yang digunakan dalam penelitian 1n1 adalah t-test, karen a penelitian 1n1 bertujuan ingin menguj i apakah ada perbedaan mean dar i 2 treatment terhadap sekolompQk subyek yang sama. ,
Dari hasil analisa data diperoleh nilai t = -4,854 yang bila dibandingkan dengan KUHP Alternatif diperoleh nilai p = 0,000, yang berarti hasilnya sangat signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan ada perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari metode Trsdisional dan lI1etode CBSIJ pads siswa-siswa kelas IV SD di SDK. St. Theresia Surabaya.
Sedangkan dari haeil rerata antar kelompok ditemukan bahwa rerata metoda Tradisional berada di bawah rerata metode CBSA. Ini berarti metoda CBSA memberikan hasil yang lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa-siswa kelas IV SO daripada metode Tradisional.
Adapun koefisien reliabilitas yang didapat dangan menggunakan metode Test-Retest dari soal tes matematika yang diujikan adalah rxx= 0,594 yang berarti cukup reliabel, demikian pula dengan validitas isinya juga cukup valid karena telah sesuai dengan· Tujuan Instruksional Khusus yang ditetapkan.
Actions (login required)
|
View Item |