PEMERTAHANAN BAHASA OLEH MAHASISWA LEMBAGA PENDIDIKAN PELATIHAN PENERBANGAN INDONESIA (LPPPI)ASAL MAKASSAR DI SURABAYA. KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

INDAH PERMATASARI, 121111047 (2016) PEMERTAHANAN BAHASA OLEH MAHASISWA LEMBAGA PENDIDIKAN PELATIHAN PENERBANGAN INDONESIA (LPPPI)ASAL MAKASSAR DI SURABAYA. KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FS. BI. 47-16 Per p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pemertahanan Bahasa Oleh Mahasiswa Lembaga Pendidikan Pelatihan Penerbangan Indonesia (LPPPI) asal Makassar di Surabaya: Kajian Sosiolingustik” ini merupakan analisis terhadap bentuk pemertahanan bahasa Makassar di lingkungan LPPPI. Penelitian ini bersikap deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan semata-mata berdasarkan fakta yang ada. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak. Teknik ini dilanjutkan dengan sadap dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan cara mengelompokkan hasil percakapan sesuai dengan pemakaian bahasa. Hasil penelitian ini menunjukkan ada beberapa faktor penting yang menyebabkan terjadinya pemertahanan bahasa ini. Faktor-faktor tersebut adalah bahasa adalah identitas satu komunitas, kebanggaan akan budaya asal, kegiatan dalam pendidikan penerbangan, besarnya pemakai bahasa Makassar, dan keakraban antaranggota. Pemertahanan bahasa Makassar pada mahasiswa Makassar di LPPPI terjadi karena bahasa Makassar tersebut sering dipakai dalam berbagai situasi baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Mahasiswa Makassar yang berkuliah di LPPPI merasa bangga dan nyaman tetap menggunakan bahasa ibu mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 47-16 Per p
Uncontrolled Keywords: pemertahanan bahasa, bahasa Makassar, sosiolinguistik
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P40 Sociolinguistics
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
INDAH PERMATASARI, 121111047UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH. Eddy Sugiri, Drs. , M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 12 Apr 2017 18:17
Last Modified: 12 Apr 2017 18:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56365
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item