Sistem Pemberian Label Berdasarkan Hasil Pemilahan Dimensi Benda Berbasis PLC (Programable Logic Controller) (Bagian II)

Mokh. Dedy Bastomi, 081310213002 (2016) Sistem Pemberian Label Berdasarkan Hasil Pemilahan Dimensi Benda Berbasis PLC (Programable Logic Controller) (Bagian II). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV.OSI 13-16 Bas s ABSTRAK.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV.OSI 13-16 Bas s TUGAS AKHIR D3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Suatu proses produksi dilakukan beberapa tahapan. Mulai tahap perencanaan hingga tahap penjaminan mutu (tindak lanjut/quality control). Bentuk dari suatu penjaminan mutu hasil produksi adalah pemilahan dan pelabelan hasil produksi. Proses pemilahan hasil produksi menjadi tahapan yang sangat penting mengingat dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan/konsumen. Sedangkan proses pelabelan berfungsi sebagai pemberi keterangan dan informasi baik produk maupun informasi perusahaan. Melihat fakta dilapangan tersebut, penulis bermaksud untuk membuat rancang bangun sebuah sistem pemberian label berdasarkan hasil pemilahan dimensi benda berbasis PLC (Programable Logic Controller). Mesin ini diharapkan nantinya mampu menyeleksi hasil produksi dalam kemasan kotak dengan dilanjutkan proses pemberian identitas hasil produksi (pelabelan) yang beroperasi secara otomatis. Beberapa alat dan bahan yang digunakan diantaranya adalah motor DC sebagai penggerak konveyor, penghalang, pendorong, dan pelabel. Sensor photodiode sebagai pendeteksi dimensi, LED (light Emiting Diode), dan komputer sebagai pembuatan software dan simulasinya sebelum diaplikasikan pada plant. sebagai pemberi sinyal pada sensor. Sedangkan controller yang digunakan adalah PLC (Programmable Logic Controller) dengan metode PID (Proporsional Integral Derivatif). Berdasarkan hasil dan analisa yang telah dilakukan, setelah dilakukan unjuk kerja terhadap 20 sampel, plant yang sudah dibuat memiliki ketepatan 100%.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.OSI 13//16 Bas s
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Electronic digital computers -- Programming
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Otomasi Sistem Instrumentasi (D3
Creators:
CreatorsNIM
Mokh. Dedy Bastomi, 081310213002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAkif Rahmatillah, S.T., M.T.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 12 Apr 2017 19:38
Last Modified: 17 Apr 2017 18:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56374
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item