EKSISTENSI FILM INDIA DI SURABAYA TAHUN 1952-1972

AINUR ROHMA ALFIANITA, NIM.: 121014009 (2016) EKSISTENSI FILM INDIA DI SURABAYA TAHUN 1952-1972. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKB KK-2 FS SEJ 36_16 Alf e ABSTRAK.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 FS SEJ 36_16 Alf e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Eksistensi Film India di Surabaya Tahun 1952-1972. Permasalahan utama yang menjadi fokus dari penelitian ini adalah bagaimana proses masuknya film India kedalam industri perfilman Indonesia khususnya Surabaya, serta perkembangan dan pengaruhnya terhadap kondisi perfilman di Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yang meliputi pemilihan topik, pengumpulan data (heuristik), kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Sedangkan sumber yang digunakan dalam penulisan ini berupa arsip, kumpulan koran dan majalah, serta buku. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa masuknya film India di Surabaya membawa pengaruh dan perubahan tersendiri bagi masyarakat Surabaya. Awal masuknya film India banyak terjadi persaingan film di bioskop-bioskop Surabaya. Persaingan terjadi antara film Hollywood, Bollywood dan film Indonesia. Film Bollywood mengalami peningkatan yang pesat jika dibandingkan dua film lainnya. Perkembangan film tersebut terlihat dari meningkatnya jumlah film India yang diputar karena tingginya antusias masyarakat Surabaya. Film India yang banyak disukai oleh masyarakat Surabaya mempunyai pengaruh terhadap masyarakatnya, seperti halnya pengaruh dalam hal gaya musik dan perfilman Indonesia. Selain itu, pemerintah Indonesia membuat festival film India di Surabaya yang banyak menarik simpati masyarakat Surabaya. Adanya festival tersebut berpengaruh terhadap keberadaan film India yang mengalami pasang-surut. Tahun 1960-an keberadaan film India mengalami pertumbuhan pesat. Selain itu disisi lain film India juga mengalami pemboikotan karena dianggap tidak mengandung unsur revolusi Negara Indonesia dan telah melakukan tindakan kekerasan terhadap salah satu Negara, berupa pelarangan pesawat Garuda ke Eropa singgah di Bombay.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS SEJ 36/16 Alf e
Subjects: L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa) > LG21-961 Individual institutions > LG21-395 Asia > LG60-170.2 India. Pakistan. Bangladesh. Burma. Sri Lanka. Nepal
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsNIM
AINUR ROHMA ALFIANITA, NIM.: 121014009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantEdy Budi Santoso, S.S., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 17 Apr 2017 19:22
Last Modified: 17 Apr 2017 19:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56515
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item