Rini Sugiarti, 111217127313
(2017)
PENGEMBANGAN MODEL KOMPETENSI SOSIAL SISWA CERDAS ISTIMEWA.
Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Salah satu tugas perkembangan individu yang tersulit dan harus dikuasai
untuk mencapai tujuan dari pola sosialisasi dewasa yakni berperilaku efektif di
berbagai situasi sosial, yang dikenal sebagai kompetensi sosial. Tujuan umum
penelitian ini adalah menguji model pengembangan kompetensi sosial siswa
cerdas istimewa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah model pengembangan
kompetensi sosial siswa cerdas istimewa, sesuai dengan data empiriknya.
Data penelitian dikumpulkan secara langsung di lokasi-lokasi penelitian
yakni di 5 sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Semarang. Populasi
penelitian ini adalah siswa cerdas istimewa sejumlah 300 orang. Sampel sebanyak
290 orang, dengan rentang usia antara 12 – 14 tahun, yang merupakan bagian dari
masa remaja awal. Pengumpulan data sebagai teknik pengukuran variabel dalam
penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan
dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM).
Hasil uji SEM yang diperoleh menunjukkan bahwa model teoretik
kompetensi sosial siswa cerdas istimewa yang terdiri atas pengasuhan orangtua,
dukungan guru, dan dukungan teman sebaya dan konsep diri berkontribusi
terhadap kompetensi sosial siswa cerdas istimewa, didukung oleh data empirik.
Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa kompetensi sosial siswa
cerdas istimewa, terutama dikaji melalui pengaruh dinamika konsep diri sebagai
anteseden internal siswa cerdas istimewa. Berdasarkan temuan tersebut, konsep
diri diketahui anteseden yang kuat dan signifikan sebagai perantara nyata
pengaruh pengasuhan orangtua, dukungan guru dan dukungan teman sebaya
terhadap kompetensi sosial siswa cerdas istimewa.
Actions (login required)
|
View Item |