PENGARUH TENAGA KERJA, TINGKAT PENDIDIKAN PENGRAJIN, DAN STATUS USAHA TERHADAP TINGKAT PRODUKSI INDUSTRI BATA MERAH DI KECAMATAN JATIROGO KABUPATEN TUBAN

HARTINI, 048812985 (1997) PENGARUH TENAGA KERJA, TINGKAT PENDIDIKAN PENGRAJIN, DAN STATUS USAHA TERHADAP TINGKAT PRODUKSI INDUSTRI BATA MERAH DI KECAMATAN JATIROGO KABUPATEN TUBAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK C 641.97.Har P(1997).pdf

Download (56kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pembangunan industri kecil ditujukan untuk memperluas kesempatan kerja, meningkatkan ekspor, menghemat devisa, meratakan kesempatan berusaha~ menunjang pembangunan daerah dan memanfaatkan sumber alam yang tersedia, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat pada umumnya. Namun di pihak lain, industri kecil sering dihadapkan pada kendala-kendala seperti: lemahnya permodalan, rendahnya ketrampilan tenaga kerja, lemahnya manajemen dan sulitnya pemasaran. Hal ini juga dialami oleh industri kecil bata merah di kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban yang merupakan obyek penelitian skripsi ini. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui peranan tenaga kerja, tingkat pendidikan pengrajin dan status usaha dalam meningkatkan jumlah produksi industri kecil bata merah di kecamatan Jatirogo. Dari penelitian diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa ketiga variabel mempunyai peranan terhadap peningkatan jumlah produksi. Akan tetapi yang paling besar pengaruhnya adalah variabel tenaga kerja. Untuk itu perlu memberi motivasi kerja kepada tenaga kerja melalui pemberian premi dan meningkatkan program pelatihan tenaga kerja. Sedangkan variabel tingkat pendidikan lebih kecil pengaruhnya. Hal ini bisa dipahami karena untuk mengelola industri kecil bata merah lebih diutamakan pada tingkat ketrampilan atau keahlian pengrajin dalam mengembangkan usahanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK C 641.97 Har p FILE FULTEXT TIDAK ADA
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pegawai
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
T Technology > T Technology (General) > T58.7-58.8 Production capacity. Manufacturing capacity
T Technology > TS Manufactures > TS155-194 Production management. Operations management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
HARTINI, 048812985UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSukarnoto, Drs.,EcUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 24 Apr 2017 18:55
Last Modified: 24 Apr 2017 18:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56788
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item