EKUALISASI OMZET PENJUALAN DENGAN SPT MASA PPN DALAM RANGKA PEMENUHAN KEWAJIBAN PERPAJAKAN PT ABCD

ANUGERAH JATI PRATAMA, 041310213084 (2016) EKUALISASI OMZET PENJUALAN DENGAN SPT MASA PPN DALAM RANGKA PEMENUHAN KEWAJIBAN PERPAJAKAN PT ABCD. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FV.P. 94-16 Pra e abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FV.P. 94-16 Pra e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

3.1 Simpulan Dari uraian hasil Ekualisasi diatas dapat diketahui hal-hal yang menyebabkan perbedaan Dasar Pokok Penjualan antara SPT Masa PPN dan Pengakuan Omzet pada PT ABCD, sebagai berikut: 1. Terjadinya perbedaan kurs yang sebagai dasar pengali untuk mengkonversi dari mata uang US Dollar ke Rupiah. Pada ekspor barang kurs yang dipakai adalah kurs kementrian keuangan. 2. Karena PT ABCD memakai akrual basis, terjadi perbedaan pengakuan penjualan dengan Dasar Pokok Penjualan pada SPT Masa PPN pada bulan Januari yang menyebabkan pengakuan penjualan menjadi lebih besar. Hal tersebut terjadi karena pada bulan Desember tahun 2014 terjadi uang muka penjualan yang baru akan dilakukan pengiriman barang pada bulan Januari tahun 2015. 3. Pada bulan April terdapat retur yang belum dicatat dilaporan keuangan. 4. Terdapat pendapatan lain-lain yang terutang PPN, sehingga Dasar pokok perhitungan untuk SPT Masa PPN lebih besar dari pada Omzet Penjualan pada laporan Keuangan. Dari penyebab-penyebab diatas bisa disimpulkan terjadinya perbedaan antara pada SPT Masa PPN dengan Omzet Penjualan semua penyebab tersebut sudah sesuai dengan peraturan perpajakan dan tidak ada yang melanggar peraturan perpajakan. PT ABCD sudah benar melakukan kewajiban perpajakannya dalam SPT Masa PPN, sehingga tidak perlu untuk melakukan pembetulan SPT Masa PPN tetapi hanya perlu diperbaiki pada laporan keuangannya saja. 3.2 Saran Dari pembahasan dan kesimpulan diatas maka saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut: 3.2.1 Saran untuk PT ABCD 1. Sebaiknya PT ABCD melakukan ekualisasi setiap tahun. Jadi apabila sewaktu-waktu terjadi pemeriksaan sudah dapat langsung menjelaskan penyebab-penyebab perbedaan antara SPT Masa PPN dengan Omzet penjualan. 2. Dalam melakukan Ekualisasi, lebih baik dilakukan setiap bulan sebelum menyetor dan melapor SPT Masa PPN. Karena apabila terjadi kesalahan yang mngakibatkan kurang bayar tidak dikenai sanksi bunga 3.2.2 Saran Untuk Fakultas Vokasi Universitas Airlangga Hendaknya Fakultas memiliki kerja sama yang baik dengan instansi atau perusahaan, untuk memudahkan para mahasiswa mencari tempat melakukan Praktik Kerja Lapangan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.P. 94-16 Pra e
Uncontrolled Keywords: EKUALISASI OMZET PENJUALAN, SPT MASA PPN, KEWAJIBAN PERPAJAKAN
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Perpajakan
Creators:
CreatorsNIM
ANUGERAH JATI PRATAMA, 041310213084UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMienati Somya Lasmana, Dra., M.Si., Ak., BKP., CA.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 26 Apr 2017 21:16
Last Modified: 26 Apr 2017 21:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56907
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item