PERANAN MUSANG (Paradoxurus hermaphroditus F. Cuvier)DALAM PROSES REGENERASI AREN (Arenga pinnata (Wurmb) Merr)DITINJAU DARI ASPEK VIABILITAS BIJI

HERY PURNOBASUKI, 088610381 (1990) PERANAN MUSANG (Paradoxurus hermaphroditus F. Cuvier)DALAM PROSES REGENERASI AREN (Arenga pinnata (Wurmb) Merr)DITINJAU DARI ASPEK VIABILITAS BIJI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk mpb 132-90 pur p.pdf

Download (336kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Musang merupakan satwa liar yang berperan dalam proses propagasi biji aren. Proses pencernaan musang berpengaruh terhadap perkecambahan dan dormansi biji. Pohon aren Mempunyai manfaat yang serba guna. Peranan musang P.r.doxurus herm.phroditus) dalam propagasi biji aren (Areng. pinn.t.) belum banyak diungkapkan melalui Penelitian. Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui perbedaan viabilitas biji aren yang berasal d~r~ kotoran musang dengan biji aren unduhan yang dikena~ perlakuan mekanis sebelum ditanam. Metode yang dipakai adalah menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 4 kelompok perlakuan yaitu (1)dari kotoran musang; (2) diampelas; (3) disiram air panas; dan (4) disiram air dingin. Untuk teknik analisanya menggunakan Uji XZ dan Uji C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara proporsional biji aren dari kotoran musang mempunyai Prosentase perkecambahan lebih besar (85%) dibandingkan biji unduhan dengan perlakuan mekanis sebelum ditanam. XZ Dari hasil uji dan UJi C didapatkan adanya perbedaan viabilitas antara biji aren dari kotoran musang dengan biji aren unduhan yang dikenai perlakuan diampelas, disiram air panas, atau disiram air dingin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 132/90 Pur p
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
HERY PURNOBASUKI, 088610381UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantMariatun loegito, Dra., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 26 Apr 2017 22:09
Last Modified: 26 Apr 2017 22:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56916
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item