PENGARUH PERBEDAAN SALINITAS PADA PROSES DEPURASI TERHADAP KONSENTRASI LOGAM BERAT MERKURI (Hg) DALAM KERANG DARAH (Anadara granosa)

BERRYTYA SANTOSO, 141211132034 (2016) PENGARUH PERBEDAAN SALINITAS PADA PROSES DEPURASI TERHADAP KONSENTRASI LOGAM BERAT MERKURI (Hg) DALAM KERANG DARAH (Anadara granosa). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PK.BP 85-16 Sah p ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK.BP 85-16 Sah p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kerang darah (Anadara granosa) mampu mengakumulasi logam berat dari lingkungan perairan yang tercemar, salah satu logam berat tersebut adalah merkuri. Masyarakat harus mewaspadai dalam mengkonsumsi kerang darah karena merupakan biota perairan yang mampu mengakumulasi logam berat merkuri, apabila masyarakat mengkonsumsi kerang darah yang tercemar logam berat merkuri maka akan berbahaya terhadap kesehatan. Perlu dilakukan suatu upaya menurunkan konsentrasi logam berat merkuri tersebut, salah satu upaya penurunannya adalah melalui proses depurasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan salinitas pada proses depurasi terhadap konsentrasi logam berat merkuri (Hg) dalam kerang darah. Metode penelitian adalah eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) sebagai rancangan percobaan. Perlakuan yang digunakan adalah media air laut dengan salinitas yang berbeda, yaitu P1 (30 ppt), P2 (32 ppt), P3 (34 ppt), P4 (36 ppt) dan P5 (38 ppt) dengan masing-masing perlakuan terdiri dari empat ulangan. Parameter utama yang diamati adalah konsentrasi logam berat merkuri dalam kerang darah. Parameter pendukung yang diamati adalah kualitas air meliputi suhu, oksigen terlarut dan pH. Analisis data menggunakan uji Anova dan dilanjutkan dengan uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan salinitas pada proses depurasi tidak berpengaruh terhadap konsentrasi merkuri dalam kerang darah. Konsentrasi merkuri dalam kerang darah sebelum diberikan perlakuan adalah 0,592 ppm. Penurunan konsentrasi merkuri tertinggi pada konsentrasi salinitas 32 ppt (perlakuan P2) dan depurasi hari keenam dengan konsentrasi merkuri dalam kerang darah menjadi 0,103 ppm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP 85/16 Sah p
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH365-380.92 Shellfish fisheries. Shellfish culture
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
BERRYTYA SANTOSO, 141211132034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBoedi Setya Rahardja, Ir., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 03 May 2017 00:02
Last Modified: 03 May 2017 00:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57031
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item