STUDI BAKTERIOLOGIS BAHAN BAKU AIR MINUM DI INSTALASI PENJERNIHAN AIR MINUM KARANG PILANG I

Satria Wibawa, 088710504 (1994) STUDI BAKTERIOLOGIS BAHAN BAKU AIR MINUM DI INSTALASI PENJERNIHAN AIR MINUM KARANG PILANG I. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK MPB 349-94 WIB S.pdf

Download (353kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PDAM Surabaya khususnya Instalasi Penjernihdn Air Mlnum Karang Pilang I Surabaya menggunakan air kali Surabaya sebagai air bakunya yang diketahui telah tercemdr berat oleh bakteri patogen. Dengan demikian Instalasi Penjernihan Air Minum Karang Pilang I Surabaya b~rperdn sebagai uni t pengolahan bak teriologis da...·i air baku yang akan diolah menjadi air minum. Penel i tian ini bertujuan mengetahui peng.~ruh tahaptahap pengolahan Instalasi Penjernihan Air Minum Karang Pilang I Surabaya terhadap besar angka kuman, MPN bakteri koli fekal serta keberadaan bakteri patogen E$cht?l'ichla col i, SalmDne!!a sp, Shidfil'! ta sp, dan Vibrio Spa Pengambilan sampel ditentukan atas b stasiun yaitu st (A) pada awal tahap Intake, st (B) setelah tahap Aurasi, st (C) setelah tahap Prasedimentasi, st (D) setelah' tahap Klarifier, st (E) setelah tahap Filter dan st (F) setelah tahap Desinfektan. Pengambilan sampel dilakukan 3 kali ulangan. Setelah itu dilakuk.n pemeriksaan di Laboratorium Mikrobiologi Jurusan Biologi FMIPA -UNAIR. Penelitian di lakukan pada bulan Juli dan Agustus 1993. Parameter yang di ukur adalah besar angka kuman dengan metode TPC, besar MPN bakteri koli fekal dengan metode MPN ser-ta identifikasi bak teri patogen E. coL i, SaL m,(::>nfil' l La sp, 5hi ~fil'l La $P, dan Vibrio sp yang dilakukan dengan uji fisiologis, motilitas dan morfologis. Desain penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap. Tehnik anal isis data yang digunakan adaI.3h Analisis Varian untuk RAL dengan 0 = 1 7. untuk ~emua stasiun, dan melihat ada tidaknya beda antar dua stasiun digunakan uji BNT dengan a = 1 %. Hasil penelitian menunjukkan tahap-tahap pengolahan Instalasi Penjernihan Air Minum Karang Pilang I Surabaya menyebabkan penurunan besar angka kuman, MPN bakteri kuli fekal serta kehadiran bak teri patogen £. (;ol i, Satll)'c}IH.?llu sp, Shiefella sp, dan Vibrio sp.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 349/94 Wib s
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF780.2-780.7 Veterinary microbiology, bacteriology, virology, mycology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
Satria Wibawa, 088710504UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantJ. SOEMARTOJO, DrsUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 03 May 2017 22:43
Last Modified: 03 May 2017 22:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57089
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item