PENGARUH PEMBERIAN COD LIVER OIL PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP KOLESTEROL, LOW DENSITY LIPOPROTEIN (LDL), HIGH DENSITY LIPOPROTEIN (HDL) PADA DAGING UDANG GALAH (Macrobrachium rosenbergii)

MEGA FITRIA ARDIANY, 141211132114 (2016) PENGARUH PEMBERIAN COD LIVER OIL PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP KOLESTEROL, LOW DENSITY LIPOPROTEIN (LDL), HIGH DENSITY LIPOPROTEIN (HDL) PADA DAGING UDANG GALAH (Macrobrachium rosenbergii). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PK BP 51 -16 Ard p-Abstrak.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
57134.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang galah merupakan komoditas ikan air tawar yang bernilai ekonomis, khususnya di Indonesia. Seiring berkembangnya pariwisata dan beragam kuliner konsumsi udang galah di Indonesia meningkat dan peluang ekspor udang galah terbuka. Udang galah mengandung kolesterol yang tinggi yaitu 385,03 mg/dl. Kolesterol dalam tubuh yang berlebihan akan menimbulkan suatu kondisi yang disebut aterosklerosis kondisi ini merupakan cikal bakal terjadinya penyakit jantung dan stroke. Salah satu upaya yang harus dilakukan untuk menghasilkan produk budidaya yang rendah kolesterol adalah melalui rekayasa pakan, dengan penambahan suplementasi asam lemak yang berasal dari dari organisme laut. Melalui suplementasi asam lemak, maka diharapkan kadar trigliserida dan kolesterol low density lipoprotein (LDL) akan turun sehingga dapat meningkatkan kadar kolestrol high density lipoprotein (HDL). Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan kolesterol, low density lipoprotein (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol high density lipoprotein (HDL) daging udang galah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak lengkap yang terdiri dari lima perlakuan, empat kali ulangan. Analisis data menggunakan uji statistik sidik ragam Analysis of Variant (ANOVA) untuk mengetahui pengaruh perlakuan. Apabila ada perbedaan antar perlakuan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan untuk mengetahui perlakuan yang paling baik. Parameter utama kolestrol total, kadar kolesterol high density lipoprotein (HDL) dan low density lipoprotein (LDL) daging udang galah yang diujikan di Laboratorium Faal, Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya. Parameter pendukung yang diamati yaitu kualitas air pemeliharaan udang galah. Hasil penelitian didapatkan pemberian cod liver oil pada pakan komersial berpengaruh terhadap kadar kolesterol total daging udang galah. Pemberian cod liver oil pada dosis 12% dapat menurunkan kolesterol total dengan kadar terendah dari perlakuan lainnya dengan rata-rata 88,3125 mg/dl. Pemberian cod liver oil pada dosis 12% dapat menurunkan low density lipoprotein (LDL) kadar terendah dari perlakuan lainnya dengan rata-rata 197,72 mg/dl. Pemberian cod liver oil pada dosis 12% dapat menaikkan high density lipoprotein (HDL) kadar tertinggi dari perlakuan lainnya dengan rata-rata 128,84 mg/dl.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 51-16 Ard p
Uncontrolled Keywords: Cod Liver Oil, Commercial Feed Cholesterol, Low Density Lipoprotein (LDL), High Density Lipoprotein (HDL),Meat Fresh Water Prawns
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH328-329 Fishery management. Fishery policy
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
MEGA FITRIA ARDIANY, 141211132114UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgustono, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorBoedi Setya Rahardja, Ir., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 04 May 2017 21:46
Last Modified: 05 Jul 2017 17:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57134
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item