Uji Aktivitas Anti-osteoporosis dari Spilanthes Acmella dan Kombinasi Latihan Fisik pada Mencit untuk menghambat peningkatan ketidakseimbangan remodeling tulang

Laswati P, Hening and Mangestuti Agil and Widyowati, Retno (2013) Uji Aktivitas Anti-osteoporosis dari Spilanthes Acmella dan Kombinasi Latihan Fisik pada Mencit untuk menghambat peningkatan ketidakseimbangan remodeling tulang. Project Report. Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

[img] Text (peerreview)
peereview22.UjiAktivitas_Anti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text (Fulltext)
karil22.UjiAktivitas_Anti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia mempunyai kekayaan hayati yang melimpah, salah satunya adalah tanaman obat. Pemanfaatan tanaman obat Indonesia masih belum optimal. Legetan, Spilanthes acmella, adalah salah satu tanaman obat Indonesia yang mempunyai kandungan senyawa aktif berupa flavanoids (isoquerin hyperin)' taraxasterol' taraxacerin, taraxerol, taraxin, kholine, inulin, peklin, koumesterol, asparagin dan vitamin(A,B danD).Dari hasil penelitian sebelumnya diketahui bahwa baik ekstrak etanol 70% maupun fraksi butanol dan air dari tanaman tersebut mampu meningkatkan aktivitas dari enzim alkaline fosfatase yang merupakan marker dari sel osteoblas (formasi tulang) secara in vitro' Pada penelitian ini dilakukan fraksinasi pada beberapa pelarut berdasarkan tingkat kepolarannya yaitu digunakan pelarut heksana, etil asetat' butanol dan air' Hasil fraksi-fraksi dari tanaman spilanthes acmella tersebut dilanjutkan uji aktivitas anti-osteoporosis in vivo untuk melihat kepadatan tulang pada hewan coba dengan mengukur ketebalan tulang trabekula dari tulang femurnya' Hewan coba yang digunakan adalah mencit jantan dewasa usia >5 bulan dengan berat badan > 20 gram dan sehat. Masing-masing kelompok terdiri dari 6 ekor' sehingga jumlah seluruh sampel adalah 60 ekor.Berat badan mencit setelah induksi dengan deksametason dengan dosis 0,0029 mg/20gramBB/hari selama 30 hari berkisar antara 12-33.5 gram. Mencit dibagi secara random menjadi 10 kelompok yaitu kelompok kontrol sehat (tanpa induksi deksametason) dan kelompok yang diinduksi dengan deksametason meliputi: kelompok kontrol negatif (suspensi CMC Na 0,5% 0,2ml/20gBB/hari),kelompok kontrol positif(suspensi alendronat 0,026 mg/20gBB/hari), kelompok ekstrak etanol 70% (suspensi 4,14 mg/20gBB/hari)' kelompok latihan fisik (dengan treadmill kecepatan 10 m/menit' 5-12 menit, 3x/minggu), kelompok kombinasi ekstrak etanol 70% dan latihan fisik, kelompok fraksi heksana (suspensi 0,187 mg/20gBB/hari), kelompok fraksi etil asetat (suspensi 0,641 mg/20gBB/hari), kelompok fraksi butanol (suspensi 1,132 mg/20gBB/hari) dan fraksi air (suspensi 1,782 mg/20gBB/hari). Suspensi ekstrak dan fraksi Spilanthes acmella masing masing diberikan dalam 0,2 ml/20gBB/hari). Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa pemberian kombinasi latihan fisik pada ekstrak etanol dari Spilanthes acmella mampu meningkatkan kepadatan tulang melalui peningkatan nilai densitas tulang trabekula yang lebih besar bila dibandingkan dengan ekstrak etanol saja, nilai tersebut sebesar 38,7 + 6,0 % dengan nilai p < 0,05.Ini membuktikan bahwa ekstrak etanol 70% Spilanthes Acmella mempunyai efek additive terhadap efek latihan pembebasan aksial pada kondisi osteoporosis.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Fisik & Rehab
Creators:
CreatorsNIM
Laswati P, Heninglputra04@yahoo.com
Mangestuti AgilUNSPECIFIED
Widyowati, RetnoUNSPECIFIED
Depositing User: Bayu Yulianti
Date Deposited: 08 May 2017 19:39
Last Modified: 08 May 2017 19:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57195
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item