STUDI KANDUNGAN NITROGEN (N) DAN FOSFOR (P) PADA SEDIMEN MANGROVE DI WILAYAH EKOWISATA WONOREJO SURABAYA DAN PESISIR JENU KABUPATEN TUBAN

NIKO PRADIPTA, 140911080 (2016) STUDI KANDUNGAN NITROGEN (N) DAN FOSFOR (P) PADA SEDIMEN MANGROVE DI WILAYAH EKOWISATA WONOREJO SURABAYA DAN PESISIR JENU KABUPATEN TUBAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PK BP 119-16 Pra s-Abstrak.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
PK BP 119-16 Pra s.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hutan mangrove adalah salah satu kekayaan sumber daya alam di Indonesia. Indonesia merupakan negara yang mempunyai hutan mangrove paling luas di dunia. Berdasarkan data Kementerian Negara Lingkungan Hidup tahun 2006 bahwa luas hutan mangrove Indonesia mencapai 4,3 juta hektar. Unsur nutrien N (nitrogen) dan P (fosfor) merupakan unsur yang berpengaruh terhadap pertumbuhan mangrove. Unsur nitrogen berpengaruh terhadap pertumbuhan, menurut hasil penelitian Feller, et al (2002) nitrogen berpengaruh terhadap banyaknya proses fotosintesis yang terjadi pada mangrove. Serapan fosfor yang rendah dapat menyebabkan volume jaringan tanaman menjadi lebih kecil dan warna daun menjadi lebih gelap (Rosmarkam dan Yuwono, 2002). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kandungan nitrogen dan fosfor pada sedimen tanah mangrove yang didapat dari Ekowisata Wonorejo Surabaya dan pesisir Jenu Kabupaten Tuban. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui survei lapangan dengan pengambilan sampel. Pengambilan sampel dilakukan di enam titik pada tiap wilayah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kandungan nitrogen paling tinggi berada di titik A4 wilayah pesisir Jenu Kabupaten Tuban yaitu 40,86 %, sedangkan kandungan nitrogen terendah berada di titik B3 wilayah Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya yaitu 31,55 %. kandungan fosfor paling tinggi berada di titik A6 wilayah pesisir Jenu Kabupaten Tuban yaitu 0,043 ppm, sedangkan kandungan fosfor terendah berada di titik B3 wilayah Ekowisata Mangrove Wonorejo Surabaya yaitu 0,021 ppm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 119-16 Pra s
Uncontrolled Keywords: Nitrogen (N), phosphorus (P), Land of Mangrove
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
NIKO PRADIPTA, 140911080UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. Amin Alamsjah, Prof., Ir., M.Si., Ph.D.UNSPECIFIED
Thesis advisorEndang Dewi Masithah, Dr., Ir., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 07 May 2017 20:54
Last Modified: 07 May 2017 20:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57205
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item