PENGARUH KONSENTRASI FUKOIDAN DARI Sargassum sp. TERHADAP AKTIVITAS ANTIOKSIDAN MASKER GEL

NAUFAL AMMAR, 141211132126 (2016) PENGARUH KONSENTRASI FUKOIDAN DARI Sargassum sp. TERHADAP AKTIVITAS ANTIOKSIDAN MASKER GEL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PK.BP 83-16 Amm p ABSTRAK.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK.BP 83-16 Amm p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sargassum sp. memiliki kandungan alginat, fukoidan dan pigmen warna fukosantin. Fukoidan memiliki banyak fungsi salah satunya yaitu sebagai antioksidan. Pemanfaatan efek antioksidan pada sediaan yang ditujukan pada kulit wajah, lebih baik bila diformulasikan dalam bentuk sediaan kosmetika topikal dibandingkan oral. Pemanfaatan Sargassum sp. menjadi masker gel tersebut juga bisa dijadikan suatu produk andalan daerah penghasil Sargassum sp. sebagai produk unggulan khas daerah penghasil rumput laut coklat tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas antioksidan masker gel yang ditambah fukoidan dan pengaruh fukoidan terhadap karakter fisik masker gel. Fukoidan ditambahkan ke dalam masker gel dengan konsentrasi yang berbeda, kemudian disimpan selama 30 hari. Pengujian aktivitas antioksidan menggunakan metode DPPH. Karakter fisik masker gel menggunakan metode eksperimental Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang kemudian diolah menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) dan dilanjutkan Uji Berjarak Duncan bila didapatkan hasil yang berbeda nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian konsentrasi fukoidan semakin banyak, maka juga akan meningkatkan aktivitas antioksidan masker gel. Homogenitas masker gel menunjukkan bahwa fukoidan mampu bercampur dengan bahan-bahan penyusun kosmetik lainnya. Masker gel yang ditambahkan fukoidan memiliki panjang diameter sebelum dan sesudah penyimpanan yaitu 4,52-5,2 cm dan 5,26-6,08 cm. Waktu kering masker gel yang ditambah fukoidan memiliki waktu kering 36-48 menit sebelum penyimpanan dan 43-65 menit sesudah penyimpanan. Peningkatan konsentrasi fukoidan meningkatkan daya sebar dan waktu kering, baik sebelum penyimpanan dan sesudah penyimpanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP 83/16 Amm p
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TP934-945 Paints, pigments, varnishes, etc.
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
NAUFAL AMMAR, 141211132126UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Dewi Masithah, Dr., Ir., M.P.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 07 May 2017 21:07
Last Modified: 07 May 2017 21:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57206
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item