PERBANDINGAN EFEKTIFITAS PENGENCERAN PROPOFOL MENGGUNAKAN DEXTROSE 5% DAN RINGER LAKTAT DENGAN PERBANDINGAN 1:1 UNTUK MENGURANGI NYERI SAAT INJEKSI INTRAVENA PADA PASIEN ANAK USIA 2-15 TAHUN YANG MENJALANI OPERASI ELEKTIF DI GEDUNG BEDAH PUSAT TERPADU RSUD DR SOETOMO SURABAYA

Dian Raseka Parna, dr (2016) PERBANDINGAN EFEKTIFITAS PENGENCERAN PROPOFOL MENGGUNAKAN DEXTROSE 5% DAN RINGER LAKTAT DENGAN PERBANDINGAN 1:1 UNTUK MENGURANGI NYERI SAAT INJEKSI INTRAVENA PADA PASIEN ANAK USIA 2-15 TAHUN YANG MENJALANI OPERASI ELEKTIF DI GEDUNG BEDAH PUSAT TERPADU RSUD DR SOETOMO SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
PPDS. AR. 16-16 Par p abstrak.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
PPDS. AR. 16-16 Par p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

LATAR BELAKANG: Propofol diketahui merupakan salah satu obat induksi yang sering sering menimbulkan nyeri saat penyuntikan. Insiden terjadinya nyeri saat penyuntikan propofol intravena pada pasien anak sangat tinggi. Mekanisme yang menyebabkan nyeri masih belum diketahui dan berbagai teknik dipergunakan untuk mencegah terjadinya kejadian tersebut dengan angka keberhasilan yang berbeda-beda TUJUAN: Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui perbandingan efektifitas antara pengenceran propofol menggunakan Dextrose 5% dan Ringer Laktat dibandingkan dengan propofol murni untuk mengurangi nyeri saat penyuntikkan intravena METODE: Empat puluh lima pasien, PS ASA I-II, yang memenuhi kriteria inklusi dilakukan general anestesi. Pasien dialokasikan secara acak dengan menggunakan teknik pengocokkan. Pasien dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kelompok I (kontrol) diberikan propofol tanpa diencerkan, kelompok II diberikan propofol yang telah diencerkan dengan dextrose 5% menjadi 5mg/ml dan kelompok III diberikan propofol yang telah diencerkan dengan ringer laktat menjadi 5mg/ml. Dilakukan evaluasi nyeri dengan melihat respon dengan skala empat titik dan ekspresi spontan dan dievaluasi tekanan darah, MAP, nadi dan saturasi oksigen sebelum dan sesudah pemberian obat. HASIL: Dibandingkan dengan kelompok kontrol, teknik pengenceran propofol menggunakan dextrose 5% dan ringer laktat tidak efektif untuk mengurangi nyeri saat penyuntikkan intravena dengan analisa statistik p=0,503 (p>0,05). KESIMPULAN: Pengenceran Propofol menggunakan Dextrose 5% dan Ringer Laktat dengan perbandingan 1:1 tidak efektif untuk mengurangi nyeri saat injeksi intravena pada pasien anak. Penggunaan Dextrose 5% dan Ringer Laktat untuk pengenceran propofol, tidak mempengaruhi hemodinamik secara signifikan. Tekanan darah sistolik, tekanan darah diastolik dan MAP turun setelah induksi namun secara statistik tidak signifikan. Untuk nadi pada kelompok ini juga mengalami kenaikan namun secara statistik tidak signifikan. KATA KUNCI: Dextrose 5%, Ringer Laktat, Pengenceran Propofol, Nyeri.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS. AR. 16-16 Par p
Uncontrolled Keywords: Dextrose 5%, Ringer Laktat, Pengenceran Propofol, Nyeri
Subjects: R Medicine > RD Surgery
R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Anestesiologi dan Reanimasi
Creators:
CreatorsNIM
Dian Raseka Parna, drUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorElizeus Hanindito, Dr., dr, SpAn, KIC, KAPUNSPECIFIED
Thesis advisorArie Utariani, Dr., dr, SpAn, KAPUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 09 May 2017 22:46
Last Modified: 09 May 2017 22:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57325
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item