ISOLASI DAN KARAKTERISASI BAKTERI PROTEOLITIK YANG BERASOSIASI DENGAN LAMUN Enhalus acoroides DI PANTAI BAMA, TAMAN NASIONAL BALURAN, SITUBONDO, JAWA TIMUR

RACHMAT RIZALDI, 141211133011 (2016) ISOLASI DAN KARAKTERISASI BAKTERI PROTEOLITIK YANG BERASOSIASI DENGAN LAMUN Enhalus acoroides DI PANTAI BAMA, TAMAN NASIONAL BALURAN, SITUBONDO, JAWA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK PK BP 126-16 Riz i.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
2. FULLTEXT PK BP 126-16 Riz i.pdf

Download (498kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lamun adalah tumbuhan sejati yang hidup diperairan pantai yang kurang dimanfaatkan dalam bidang perikanan, selain sebagai bioindikator kualitas air laut. Beberapa mikroorganisme yang berasosiasi dengan lamun Enhalus acoroides antara lain benthos, kapang, bakteri dan plankton. Bakteri proteolitik merupakan bakteri yang mampu menghasilkan enzim protease. Enzim protease merupakan enzim yang paling banyak digunakan dalam kehidupan. Bakteri merupakan sumber enzim yang paling banyak digunakann dibandingkan dengan tanaman dan hewan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis isolat bakteri proteolitik yang berasosiasi dengan lamun Enhalus acoroides di Taman Nasional Baluran, Situbondo, manfaat hasil penelitian yaitu sebagai sumber bahan informasi tentang keberadaan isolat bakteri proteolitik di Perairan Pantai Bama. Pengambilan sampel lamun dilakukan di Pantai Bama, Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur. Untuk isolasi, uji aktivitas proteolitik dan identifikasi bakteri akan dilakukan di Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas 1 Juanda, Surabaya. Penelitian ini akan dilaksanakan pada bulan Februari - Maret 2016. Metode kerja yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dari penelitian ini didapatkan 4 isolat bakteri yang memiliki aktivitas proteolitik. Keempat jenis bakteri tersebut memiliki kesamaan dengan 4 bakteri antara lain Staphylococcus sp., Plesiomonas shigeloides, Bacillus sp., Pseudomonas sp. Dua bakteri (Bacillus sp. dan Pseudomonas sp.) dalam penelitian ini diduga mempunyai potensi sebagai kandidat bakteri probiotik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 126/16 Riz i
Uncontrolled Keywords: BAKTERI PROTEOLITIK; LAMUN Enhalus acoroides
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
RACHMAT RIZALDI, 141211133011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWoro Hastuti Satyantini, Dr., Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorSudarno, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 09 May 2017 23:56
Last Modified: 09 May 2017 23:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57327
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item