PEMERIKSAAN EKTOPARASIT PADA IKAN MAS MAJALAYA (Cyprinus carpio L.) DI BALAI BESAR PERIKANAN BUDIDAYA AIR TAWAR (BBPBAT) SUKABUMI

PANJI AULIA SYAHPUTRA, 141311133071 (2016) PEMERIKSAAN EKTOPARASIT PADA IKAN MAS MAJALAYA (Cyprinus carpio L.) DI BALAI BESAR PERIKANAN BUDIDAYA AIR TAWAR (BBPBAT) SUKABUMI. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PKL.PK.BP 139-16 Sya p ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP 139-16 Sya p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan Mas Majalaya (Cyprinus carpio L.) adalah salah satu strain ikan mas yang banyak diminati masyarakat. Usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan melakukan budidaya. Masalah terbesar yang sering dianggap menjadi penghambat budidaya ikan adalah munculnya serangan penyakit seperti parasit jamur, bakteri dan virus. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai ektoparasit yang menginfestasi Ikan Mas Majalaya (Cyprinus carpio L.) sehingga dapat meminimalisir adanya ektoparasit yang dapat menginfestasi Ikan Mas Majalaya (Cyprinus carpio L.). Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar Sukabumi, Jawa Barat. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 21 Januari-18 Februari 2016. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode observasi langsung dan pengamatan langsung dengan pengumpulan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan metode partisipasi aktif, observasi dan komunikasi (wawancara). Pemeriksaan ektoparasit pada Ikan Mas Majalaya (Cyprinus carpio L.) dilakukan dengan beberapa tahap yaitu persiapan alat dan bahan, pengambilan sampel, preparasi ikan, pengamatan parameter kualitas air dan pengamatan dan dokumentasi. Ektoparasit yang paling sering menginfestasi Ikan Mas Majalaya (Cyprinus carpio L.) yaitu Trichodina. Selain itu, ditemukan juga Gyrodactylus, Dactylogyrus, Myxobollus, Thelohanellus, Centrocestus, Lernaea dan Ichthyoptirius pada insang dan permukaan tubuh ikan. Gejala klinis ikan yang terinfestasi ektoparasit yaitu berenang menyendiri, gerakan lemah, memproduksi lendir berlebih dan terdapat nodul pada insang.

Item Type: Other
Additional Information: PKL.PK.BP 139/16 Sya p
Uncontrolled Keywords: Goldenfish ; Parasite
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF411-459 Pets > SF456-458.83 Fishes. Aquariums
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
PANJI AULIA SYAHPUTRA, 141311133071UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKismiyati, Dr., Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 17 May 2017 01:15
Last Modified: 17 May 2017 01:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57462
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item