PENANGANAN INSOMNIA DENGAN TERAPI AKUPUNKTUR PADA TITIK SHENMEN (HT 7), ZUSANLI (ST 36), DAN SANYINJIAO (SP 6) SERTA PEMBERIAN HERBAL INFUSA BIJI PALA (MYRISTICA FRAGRANS HOUTT)

MUHAMMAD ISA ANSHORI, NIM011104008 (2016) PENANGANAN INSOMNIA DENGAN TERAPI AKUPUNKTUR PADA TITIK SHENMEN (HT 7), ZUSANLI (ST 36), DAN SANYINJIAO (SP 6) SERTA PEMBERIAN HERBAL INFUSA BIJI PALA (MYRISTICA FRAGRANS HOUTT). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FV.TA. PT. 21-16 Ans p abstrak.pdf

Download (76kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FV.TA. PT. 21-16 Ans p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan masalah sulit untuk memulai tidur, mudah terbangun, dan terbangun dari tidur terlalu awal lalu sulit untuk melanjutkan tidur kembali. Di Indonesia kasus insomnia telah menyerang 10 persen dari total penduduk di Indonesia atau sekitar 28 juta orang. Hal yang meresahkan, insomnia dapat memberi masalah sepanjang hari karena menyebabkan penderita cepat lelah, sulit berkonsentrasi, lekas marah, dan 2.5 kali lebih sering mengalami kecelakaan lalu lintas dibanding orang yang cukup tidur. Penatalaksanaan umum untuk menerapi gangguan ini harus dilakukan sesuai dengan gejala gangguan yang dialami penderita. Dalam studi kasus ini dilakukan terapi yang terdiri dari terapi kombinasi akupunktur dan pemberian herbal sediaan infusa. Titik akupunktur yang digunakan dalam kasus ini ialah Shenmen (HT 7), Zusanli (ST 36), dan Sanyinjiao (SP 6). Terapi akupunktur dilaksanakan selama 9 hari dengan selang satu hari tiap terapi. Pemberian herbal menggunakan biji tanaman pala (Myristica fragrans Houtt), diberikan selama 21 hari dan diminum sehari sekali. Kombinasi terapi akupunktur pada titik Shenmen (HT 7), Zusanli (ST36), dan Sanyinjiao (SP 6) serta pemberian herbal infusa biji pala dapat mengurangi insomnia pada kasus sindroma Defisiensi Jantung dan Limpa. Kata kunci: insomnia, terapi akupunktur, herbal infusa, biji pala.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.TA. PT. 21-16 Ans p
Uncontrolled Keywords: insomnia, terapi akupunktur, herbal infusa, biji pala.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM182-190 Other therapeutic procedures Including acupuncture, pneumatic aspiration, spinal puncture, pericardial puncture
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Pengobat Tradisional
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD ISA ANSHORI, NIM011104008NIM011104008
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBambang Poernomo S., Dr., drh., MS.UNSPECIFIED
Thesis advisorIra Arundina, Dr., drg., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 23 May 2017 19:21
Last Modified: 23 May 2017 19:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57637
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item