PARAMETER PENENTU KUALITAS EKSTRAK RUMPUT LAUT Gracilaria sp. DI PT. JAVA BIOCOLLOID SURABAYA

DENDY WAHYU UTOMO, 141211132083 (2016) PARAMETER PENENTU KUALITAS EKSTRAK RUMPUT LAUT Gracilaria sp. DI PT. JAVA BIOCOLLOID SURABAYA. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
RINGKASAN.pdf

Download (519kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
PKL. PK. BP. 253-16 Uto p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair. ac.id

Abstract

Rumput Laut merupakan sumber hayati laut yang memiliki nilai pemanfaatan yang sangat tinggi, selain dimanfaatkan sebagai bahan baku industri makanan aditif seperti agar. Kandungan hidrokoloid yang terdapat pada rumput laut terutama jenis Gracilaria sp. memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Proses ekstraksi menjadi parameter penting dalam menghasilkan produk agar yang berkualitas tinggi. Ketersedian rumput laut jenis Gracilaria sp. yang sangat melimpah menjadi permasalahan utama dalam keseimbangan lingkungan. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk mengetahui parameter kualitas hasil ekstraksi rumput laut Gracilaria sp., permasalahan, serta prospek pengembangan produk yang dihasilkan. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di PT. Java Biocolloid Surabaya, Jawa Timur pada tanggal 12 Januari-20 Februari 2014. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, partisipasi aktif, dan studi pustaka. Parameter penentu kualitas hasil ekstraksi yang digunakan oleh PT. Java Biocolloid meliputi uji Granulometry, Turbidity, pH (Keasaman), dan Gel Strength. Uji kualitas yang dilakukan oleh pihak pabrik adalah produk ekstraksi rumput laut berupa bubuk agar. Uji Granulometry yang dihasilkan sebesar 100% lolos pengayakan ukuran 60 mesh, Turbidity ≤ 30 NTU, pH sebesar 6.8-7, dan Gel Strength 600 gr/cm2-900 gr/cm2 Berdasarkan hasil uji kualitas, bubuk agar yang diproduksi dinyatakan sudah memenuhi standar mutu yang diterapkan oleh pasar internasional. Jadi, produk bubuk agar yang diproduksi oleh PT. Java Biocolloid layak untuk dikonsumsi dan diperdagangkan baik pasar nasional maupun internasional.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL PK BP 253-16 Uto p
Uncontrolled Keywords: rumput laut
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH388.7-391.5 Algae culture
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
DENDY WAHYU UTOMO, 141211132083UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLaksmi Sulmartiwi, Dr. , S.Pi., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 30 May 2017 17:24
Last Modified: 30 May 2017 17:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57774
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item