FAKTOR-FAKTOR KARAKTERISTIK ANGGARAN YANG MEMPENGARUHI EFEKTIFITAS PELAKSANAAN ANGGARAN PADA BUMN DI SURABAYA DAN GRESIK

AGUS SUNARYO, 049510218 (1997) FAKTOR-FAKTOR KARAKTERISTIK ANGGARAN YANG MEMPENGARUHI EFEKTIFITAS PELAKSANAAN ANGGARAN PADA BUMN DI SURABAYA DAN GRESIK. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk MM 56.99 Sun f.pdf

Download (114kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian Ini merupakan studt emplris yang tidak me Ilggunakan sampel, melainkan seluruh populasi dljadikan respondell. Subyek penelitian inl adalah seluruh BUHN dibawah -Ilaungan Departemen Perlndustrian dan Perdagangan diwilayahSurabaya dan Gresik, yang terdiri dari 14 BUMN Perseroan Tujuan penelitlan ingin mengetahui apakah kelima karakteris tik anggaran : Partisipasl penyusunan anggaran, kejelasan sasaran anggaran, umpan balik anggaran, evaluasi anggaran , dan tingkat kesulitan anggaran berpengaruh terhadap efektifitas pelaksanaan anggaran. Pengumpulan data dilakukan secara primer dengan meng ajukan 2 macam daftar pertanyaan (kuesioner) A. dan B. Kuesioner A ditujukan kepada Direktur Utama yang menanyakan tentang penilian Dlrektur atas pelaksanaan karakteristikAng garan didalam Perusahaan secara keseluruhan. Kuesioner B di tujukan kepada Hanajer setingkat dlbawah Direktur yang mena nyakan mengenai kelima karakteristik anggaran yang dlbuat secara random dalam daftar pertanyaan. Masing-masing kuesl0 ner satu orang setiap perusahaan. Skala ~ang digunakan ordi nal dan teknlk pengukuran skala tipe Likert. Analissis data dan pengujlan hlpotesis dlgunakan anal isis korelasi dan regresi. Hasil anal isis menunjukan kelima karakteristik angga ran berkorelasi posltip terhadapefe_nifttas pelaksanaan ang garan dengan koeflsien korelasi R-O,6829. Karakteristik urn pan balik anggaran (X3), evaluasi anggaran (X4) dan tingkat kesulitan snggaran (X5) tidak berpengaruh secara significan terhadap efektifitas pelaksanaan anggaran (Y),kemungkinan disebabkan adanya multi kolinearitas dengan karakteristik anggaran lainnya. Oleh sebab itu ketiga karakteristik angga ran tersebut dikeluarkan dari persamaan regresinya. Uji statistik F dan t membuktikan hipotesis I dan II berhasil menrima kedua karakteristik anggaran Artisipasi - Denyusunan angaaran (Xl) dan menjelaskan sasaran anggaran(X2)berpengaruh secara sisnifikan terhadap efektifitas pelaksanaan anggaran. Besarnya pengaruh tersebut diketahui dar! besarnyakoefisien regresi yaitu, partisipasi penyusunan anggaran (Xl)42,37t dan kejelasan sasaran anggaran (X2) sebesar 38,99% pa da tingkat signifikan 5%.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: ANGGARAN, MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD62.2-62.8 Management of special enterprises
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
AGUS SUNARYO, 049510218UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAMIRUDDIN UMAR, DRUNSPECIFIED
Thesis advisorBUDIMAN CHR, DRs., Ec., MA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 30 May 2017 17:35
Last Modified: 30 May 2017 17:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57781
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item