ANALISIS VOLUME PENJUALAN GAS BUMI UNTUK KONSUMEN INDUSTRI DI JAWA TIMUR Studi Kasus Pada Pemasaran Gas Bumi PT. PERUSAHAAN GAS NEGARA (PERSERO) CABANG SURABAYA

Uji Subroto Santoso, 049410174 / M (1998) ANALISIS VOLUME PENJUALAN GAS BUMI UNTUK KONSUMEN INDUSTRI DI JAWA TIMUR Studi Kasus Pada Pemasaran Gas Bumi PT. PERUSAHAAN GAS NEGARA (PERSERO) CABANG SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk MM 74.99 san a.pdf

Download (121kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemasaran gas bumi yang dilakukan PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Cabang Surabaya sejak tahun 1994 merupakan pemenuhan Kebijaksanaan Umum Bidang Energi yakni perlunya konservasi dan diversifikasi energi dengan memanfaatkan sumber energi alternatif. Permintaan gas bumi banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah harga, promosi dan ketersediaan bahan bakar lain. Mangacu pada tinjauan pustaka nampak bahwa permintaan barang dipengaruru oleh faktor-faktor harga, promosi dan ketersediaan barang lain. Penelitian im dirancang untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh harga gas bumi, jumlah pelanggan industri sebagai alat promosi yang tidak langsung serta jumlah bahan bakar lain yang disalurkan seperti minyak solar (HSD), minyak diesel (100), minyak tanah (kerosen) dan elpiji terhadap volume penjualan gas bumi untuk industri di Jawa Timur. Model yang digunakan dalam penelitian 1m adalah y = bo . Xlb1 . XZb2 • Xlb~ . )4b4 . Xlb5 . Xl,b6 • ~., dimana Y adalah volume penjualan gas bumi; Xl: harga gas bumi ; Xz : jumlah pelanggan industri ; X3: jumlah penyaluran minyak solar;)4 : jumlah penyaluran minyak diesel; Xl : jumlah penyaluran minyak minyak tanah; Xl, : jumlah penyaluran elpiji dan er : faktor penggangu diluar model. Untuk keperluan analisis, teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Cabang Surabaya dan Pertamina UPPDNV. Dari hasil penelitian bisa ditunjukkan hal -hal sebagai berikut : 1. Faktor-faktor / variabel-variabel yang dipilih pada peneJitian im secara serempak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan gas bumi. 2. Diantara semua variabel bebas yang dipilih, harga gas bumi memberikan sumbangan pengaruh jangka pendek yang dominan. 3. Dari semua variabel bebas yang dipilih, jumlah pelanggan gas bumi memberikan sumbangan pengaruh jangka panjang yang dominan. 4. Dari beberapa jenis bahan bakar minyak yakni minyak solar, minyak diesel, dan minyak tanah yang semula diperkirakan merupakan barang subtitusi terhadap gas burni, temyata minyak solar dan minyak diesel merupakan barang komplementer terhadap gas bumi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: CONSUMEN, MARKETING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Uji Subroto Santoso, 049410174 / MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorH. SUHERMAN ROSYIDI, Drs., MCom.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 30 May 2017 22:16
Last Modified: 30 May 2017 22:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57867
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item