ANALISIS KEBIJAKSANAAN PENYALURAN DANA PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT DI KALIMANTAN TIMUR

HASRULUANSYAH WACHYUNI, 049310131/M (1997) ANALISIS KEBIJAKSANAAN PENYALURAN DANA PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT DI KALIMANTAN TIMUR. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk MM 76.99 Wae a.pdf

Download (108kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kalimantan Timur merupakan salah satu daerah yang saat ini memerlukan dana untuk melaksanakan pembangunan di berbagai sektor, sepert i sektor pengolahan hasil hutan, sektor nelayan, sektor perdagangan, dan sektor-sektor lainnya yang memerlukan pendanaan. Adapun dana masyarakat di daerah ini dihimpun melalui bank-bank pemerintah, bank umum swasta dan sekarang ini melalui bank perkredi tan rakyat yang dapat menjangkau masyarakat. Di propinsi Kalimantan Timur terdapat 6 Bank Perkreditan Rakyat dengan pertumbuhan dan perkembangan yang cukup.Dalam penyaluran dana yang ada umumnya Bank Perkreditan rakyat di Kalimantan Timur melayani sektor perdagangan, industri keci 1, pertanian, transportasi. . Manajemen Bank Perkreditan Rakyat harus berusaha untuk menyeimbangkan antara unsur likuiditas dan usaha bank dalam mencapai profital>ilitas. Dengan kata lain bank harus menyalurkan dananya secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengamati apakah penyaluran kredit oleh Bank Perkreditan Rakyat ai Kalimantan Timur suaah optimal ataukah belum. Sesuai dengan tujuan penel it in ini, maka untuk mengamat i opt imasi penggunaan dana, di lakukan metode anallsi. dengan pendekatan Linear Programming (LP). LP merupakan "problem-solving approach", dimana pendekatan ini membantu para manajer dalam proses pengambilan keputusan, khususnya masalah-masalah optimasi. Dari pengolahan data dengan memanfaatkan paket program QSB+ akan didapatkan komposisi kredit yang optimal, kemuaian komposisi tersebut akan dibandingkan dengan keuntungan riil dengan memanfaatkan teknik statistik uj it. Penerapan pendekatan linear programming dalam penyaluran dana BPR di Kal imantan Timur dilakukan dengan eva Iuas i terhadap pengumpu I an dana dan penya1UTan dana dimana evaluasi i tu telah di lakukan untuk periode 1991-1994 pada data laporan tahunan dengan memperhatikan jumlah dana yang tersedia untuk disalurkan baik kreait maupun penempatan dana, berapa biaya dana, tingkat bunga yang diperoleh, resiko yang ditanggung dan spread yang diperoleh. Dari hasil analisis terhadap data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penyaluran kredit oleh Bank Perkreditan Rakyat di Kalimantan Timur belum optimal.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: BANK, CREDIT, MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1641-1643 Bank loans. Bank credit. Commercial loans
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
HASRULUANSYAH WACHYUNI, 049310131/MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAMIRUDDIN UMAR, DRUNSPECIFIED
Thesis advisorH. A. COESMI ABDULKARIM, Drs., Ec., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 30 May 2017 22:35
Last Modified: 30 May 2017 22:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57870
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item