STUDI PENGGUNAAN METODE SPEKTROFOTOMETRI UNTUK PENENTUAN KADAR TEMBAGA DALAM TABLET MULTIVITAMIN-MINERAL SEBAGAI TEMBAGA (I) BATOKUPROIN DISULFONAT

ANDRIONO SAPTO NUGROHO, 089210941 (1998) STUDI PENGGUNAAN METODE SPEKTROFOTOMETRI UNTUK PENENTUAN KADAR TEMBAGA DALAM TABLET MULTIVITAMIN-MINERAL SEBAGAI TEMBAGA (I) BATOKUPROIN DISULFONAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
kk mpk 53.98 nug s.pdf

Download (422kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PeneHtian ini bertujuan untuk menentukan kadar tembaga dalam tablet multivitamin-mineral dengan menggunakan Cara spektrofotometri sebagai tembaga (I) batokuproin disulfonat dan dibandingkan dengan metode spektrofotometri serapan atom yang merupakan metode standar dalam penenlitian ini. Pengambilan sampel dilakukan pada salah satu apotik yang ada di Surabaya dengan lima merek tablet multivitamin-mineral yang berbeda dan dilakukan dua kali replikasi. Data yang diperoleh dianallsis dengan uji t. Dari analisis uji t ternyata thitung > ttabel pada a = 0.05 dan db = 2. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat diambil kesimpulan ada perbedaan yang bermakna dalam penentuan kadar tembaga dalam tablet multivitamin-mineral antara metode spektrofotometri sebagai tembaga (l)batokuproin disulfonat dengan metode spektrofotometri serapan atom, yaitu kadar yang ditentukan seeara spektrofotometri sinar tampak dengan pengkompleks batokuproin disulfonat lebih kecil daripada penentuan dengan spektrofotomctri serapan atom..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK MPK 53 98 Nug s File fulltext tidak ada
Uncontrolled Keywords: Spectrophotometric
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia
Creators:
CreatorsNIM
ANDRIONO SAPTO NUGROHO, 089210941UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHartati, Dra MSiUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 02 Jun 2017 22:26
Last Modified: 02 Jun 2017 22:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57950
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item