PENGARUH BRAND REVITALIZATION TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN BRAND EQUITY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Kasus : Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya)

RONY PRABOWO, 041314153007 (2016) PENGARUH BRAND REVITALIZATION TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN BRAND EQUITY SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Kasus : Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
TSM. 11-16 Pra p abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
TSM. 11-16 Pra p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Revitalisasi merek merupakan penguatan kembali posisi merek yang telah mengalami masa-masa sulit dalam lingkungan pasar. Tindakan revitalisasi disebabkan oleh adanya perubahan selera dan preferensi konsumen, munculnya persaingan baru serta semua perkembangan yang terjadi yang mempengaruhi peruntungan merek dalam lingkungan pasar. Penelitian ini berupaya melihat pengaruh variabel Brand Revitalization yang direpresentasikan oleh variabel Brand Repositioning, Brand Recommunication dan Brand Redesign terhadap loyalitas konsumen dengan dimediasi oleh variabel Brand Equity di Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. Dipilihnya ITATS ini karena perguruan tinggi swasta ini mengalami konflik internal sehingga mahasiswa yang mendaftar sebagai mahasiswa di ITATS semula tinggi menjadi rendah sehingga peneliti tertarik untuk mengetahui pengaruh revitalisasi merek yang dilakukan oleh ITATS untuk mempertahankan loyalitas konsumennya. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif, dengan data primer dan respondennya sebanyak 104 orang. Pengolahan data menggunakan analisis statistik Structural Equation Modeling (SEM). Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa Brand Repositioning, Brand Recommunicating, Brand Redesign memiliki pengaruh kuat dan positif terhadap Brand Equity. Begitu juga Brand Repositioning, Brand Recommunicating, Brand Redesign memiliki pengaruh kuat dan positif terhadap loyalitas koonsumen melalui mediasi dari Brand Equity. Pengaruh paling besar dari Brand Revitalization baik terhadap Brand Equity maupun terhadap loyalitas konsumen adalah variabel Brand Repositioning karena memiliki nilai loading factor lebih besar dibandingkan dengan variabel lainnya. Rekomendasi yang dapat diberikan antara lain ITATS hendaknya lebih dapat meningkatkan kerjasama dengan dunia industri dan jasa sebagai tempat magang, ITATS hendaknya lebih banyak memanfaatkan internet dan media internet dan media sosial lainnya sebagai cara komunikasi dengan konsumen, ITATS hendaknya sering mempublikasikan hasil karya kreatif dari mahasiswa maupun dosen kepada masyarakat melalui media komunikasi yang dianggap efektif, ITATS harus mampu menjadi perguruan tinggi teknik swasta yang dikenal luas oleh masyarakat dan industri. Kata Kunci : brand repositioning, recommunication, redesign, revitalization, equity

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSM. 11-16 Pra p
Uncontrolled Keywords: brand repositioning, recommunication, redesign, revitalization, equity
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
RONY PRABOWO, 041314153007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Hartini, Dr., SE.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 04 Jun 2017 16:23
Last Modified: 04 Jun 2017 16:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57960
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item