PENETRASI KAPITAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP PETANI KARET TABIR ILIR JAMBI PERSPEKTIF TEORI SKEPTIS GLOBALISASI

PAHRUDIN HM, 071317047301 (2016) PENETRASI KAPITAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP PETANI KARET TABIR ILIR JAMBI PERSPEKTIF TEORI SKEPTIS GLOBALISASI. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Dis. S. 09-16 Pah p abstrak..pdf

Download (71kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
Dis. S. 09-16 Pah p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini mencabar tesis yang diajukan oleh para teoretisi skeptis globalisasi tentang globalisasi sebagai sarana penetrasi kapital di Dunia Ketiga. Proposisi yang dicabar adalah globalisasi merupakan transformasi penguasaan sumberdaya alam Dunia Ketiga melalui peranan para agennya di tingkat global, nasional maupun lokal, penetrasi kapital menciptakan ketimpangan pendapatan bagi rakyat Dunia Ketiga, dan peranan negara sangat signifikan dalam mengatasi masalah-masalah rakyat dalam globalisasi. Studi ini dilakukan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi sebagai salah satu sentral perkebunan karet rakyat. Subjek penelitian ini sebanyak 15 orang yang terdiri dari (1) Petani Pemilik sebanyak 5 orang, (2) Petani Pemilik Penyadap sebanyak 4 orang, (3) Petani Penyadap sebanyak 5 orang, dan (4) Pengusaha Karet sebanyak 1 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumen dan rekaman arsip, wawancara, pengamatan langsung, observasi partisipan (participant observation) dan perangkat fisik lainnya. Analisis data dilakukan melalui reduksi data (reducing data), penyajian data (displaying data), dan penarikan kesimpulan atau drawing conclusion. Hasil studi ini mendukung proposisi-proposisi skeptis globalisasi di atas karena penetrasi kapital terhadap karet rakyat di Tabir Ilir dilakukan melalui kerjasama di antara negara-negara pengimpor karet, pemerintah dan pabrik pengolahan karet serta pengusaha karet lokal yang menghasilkan kebijakan mengenai harga karet, Standard Indonesia Rubber (SIR), dan teknologi pengolahan karet. Penetrasi kapital ini menciptakan ketimpangan pendapatan yang dialami oleh petani pemilik penyadap dan petani penyadap karena produk karetnya tidak memenuhi SIR, dihargai murah dan tidak dapat mengakses pabrik karet secara langsung. Kondisi ini menghendaki peranan negara yang signifikan dalam membantu petani karet mengatasi masalah-masalah yang mereka hadapi dalam globalisasi. Kata Kunci: kapital, skeptis globalisasi, petani karet, ketimpangan, peran negara.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis. S. 09-16 Pah p
Uncontrolled Keywords: kapital, skeptis globalisasi, petani karet, ketimpangan, peran negara
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ4919-4936 Capitation. Poll tax
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
PAHRUDIN HM, 071317047301UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIda Bagus Wirawan, Prof. Dr., Drs., SUUNSPECIFIED
Thesis advisorBagong Suyanto, Dr., Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 04 Jun 2017 20:51
Last Modified: 04 Jun 2017 20:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58061
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item