PENGARUH PEMBERIAN SECARA INTRAMUSKULER KOMBINASI KETAMIN HIDROKLORIDA DENGAN ACEPROMAZINE PADA GAMBARAN DARAH MERPATI (Columba livia)

SLAMET PRASOJO, 069312003 (1998) PENGARUH PEMBERIAN SECARA INTRAMUSKULER KOMBINASI KETAMIN HIDROKLORIDA DENGAN ACEPROMAZINE PADA GAMBARAN DARAH MERPATI (Columba livia). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk kh 4.99 pra p.pdf

Download (705kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kombillasi ketamin hidroklorida dengan acepromazine sebagai anestesi terhadap gambaran darah merpati (Columba livia). Secara acak 24 ekor merpati jantan dewasa dengan berat berkisar 250 -350 mg, dibagi cmpat perlakuan. Selama dua minggu masa adaptasi merpati diberi pakan jagung dan diberi minum yang di cam pur vitamin C sebagai anti stress. Ketamin hidroklorida dan acepromazine diberikan secara intramuskuler pada otot pektoral dengan dosis masing-masing 25 mglkgbb dan 0,5 mg/kgbb. Pada perlakuan ° tanpa pemberian ketamin hidroklorida maupun acepromazine (kontrol I PO), langsung dilakukan pengambilan darah pada vena axillaris sebanyak satu ml kemudian dengan cepat dimasukkan kedalam tabung yang telah terisi antikoagulan EDTA (Etylen Diamine Tetra Acetic Acid). Darah dan EDTA yang tercampur kemudian dikocok untuk mcncegah terjadinya penggumpalan, lalu kemudian segera dikirimkan ke laboratorium untuk diperiksakan. I>ada perlakuan I diberikan acepromazine tcrlebih dahulu dengan dosis 0,5 mglkgbb, lima menit kemudian diberikan ketamin hidroklorida dengan dosis 25 mglkgbb. Sepuluh menit setelah pemberian ketarnin hidroklorida dilakukan pengambilan darah sebanyak satu ml, kemudian dengan cepat dimasukkan kedalam tabung yang telah terisi EDTA. Langkah selanjutnya seperti pada perlal.:uan kontrol (PO). Pedakuan II dan III eara kerja dan dosis anestesi sarna seperti pada perlakuan I hanya beda waktu pengambilan darahnya yaitu masing-masing menit ke 45 dan menit ke 60. Rancangan percobaan yang dipakai adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL),yang terbagi menjadi empat perlakuan dan enam ulangan. Data di analisis denganmenggunakan uji F dan bila terdapat perbedaan yang nyata dilanjutkan dengan uji beda nyata terkecil (BNT). Hasit penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaanyang nyata (P>0,05) terhadap jumlah eritrosit, leukosit, kadar hemoglobin dan nilai hematokrit sampai dengan 60 meDit setelah perlakuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KH 4.99 Pra p FILE FULL TEXT TIDAK ADA
Uncontrolled Keywords: Ketamin, Acepromazine, Blood
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF461-473 Birds. Cage birds
S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > Including veterinary genetics, ethology, anatomy, physiology, embryology, pathology
S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF915-919.5 Veterinary pharmacology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
SLAMET PRASOJO, 069312003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLIANNY NANGOI, M.Kes.,Drh.UNSPECIFIED
Thesis advisorIMAM MUSTOFA, M.Kes.,Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 06 Jul 2017 17:33
Last Modified: 06 Jul 2017 17:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58177
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item