PENGARUH PEMBERIAN PERASAN KULIT SINGKONG (Manihol esculenta cranta) TERHADAP JUMLAH ERITROSIT, KADAR HEMOGLOBIN, DAN PACKED CELL VOLUME TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus)

AGS PRANOTO RAHARJO, 069311981 (1998) PENGARUH PEMBERIAN PERASAN KULIT SINGKONG (Manihol esculenta cranta) TERHADAP JUMLAH ERITROSIT, KADAR HEMOGLOBIN, DAN PACKED CELL VOLUME TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk kh 8.99 rah p.pdf

Download (651kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitinn ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perason kulit singkong pada berbagai dosis terhadap jumlah eritrosit. kadar hemoglobin dan Packed Cell Volume (PCV) tikus putih (Rattus navegicus) jantan. Hewan percobaan terdiri dari 25 ekor tikue putih jantan dangon berat rata-rata 200 gram dengnn kondisi tubuh baik dan sehat. Dua pulub lima ekor tikus putih terse but secara aeak dibagi dalam lima kelompok perlakuon yang masing masing terdiri dari lima ulangan untuk diberi perlakuan. Setelah seminggu diadaptasikan hewan pereobaan diberi perasan kuHt singkong secara oral (stomac tube) sebanyak: 0 ml (PO); 1,06 ml (PI); 1,32 mt (P2); 1,59 ml (P3) dan 1,86 ml (P4) perasan kulit singkong. Setelah lima minggu diambil sampel darah dari masing-masing tikus secara intrakardial untuk dilakukan test jumlah eritrosit, kadar hemoglobin dan PCV. Data yang diperoleh kemudion dianalisa dengan sidik ragam dan bila terdapat perbedaaan, dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Hasil penelitian setelah dilakukan analisis statistik menunjukkan perbedaan yang nyata pengaruh perasan kulit singkong terhadap jumlah eritrosit, kadar hemoglobin dan PCV. Dari analiaa yang telah dilakukan dapal disimpulkan bahwa pemberian perasan kulit singkong pada berbagai dosis dapat menurunkan jumlah eritrosit, kadar hemoglobin dan PCV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KH 8.99 Rah p FILE FULL TEXT TIDAK ADA
Uncontrolled Keywords: Animal feed, Hematocrit, Hemoglobin
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD415-436 Biochemistry
S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > Including veterinary genetics, ethology, anatomy, physiology, embryology, pathology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
AGS PRANOTO RAHARJO, 069311981UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorINDRIANI KARJANTO, M.Kes.,Drh.UNSPECIFIED
Thesis advisorEKA PRAMYRTHA H., M.Kes.,Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 06 Jul 2017 18:23
Last Modified: 06 Jul 2017 18:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58181
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item