PENGARUH PERENDAMAN DALAM CAIRAN HASIL FERMENTASI LIMBAH KUBIS (Brassica oleracea) TERHADAP NILAI pH, JUMLAH BAKTERI DAN SIFAT ORGANOLEPTIK DAGING AYAM PEDAGING

SLAMET ARSANTI ARSI, 069111725 (1997) PENGARUH PERENDAMAN DALAM CAIRAN HASIL FERMENTASI LIMBAH KUBIS (Brassica oleracea) TERHADAP NILAI pH, JUMLAH BAKTERI DAN SIFAT ORGANOLEPTIK DAGING AYAM PEDAGING. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk kh 1048.97 ars p.pdf

Download (623kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perendaman daging ayam pedaging selama satu jam dalam cairan basil fennentasi limbah kubis untuk rneningkatkan masa simpan daging ayam pada suhu kamar (28°C). Percobaan ini rnenggunskan Rancangan Acak Lengkap dengan tujuh perlakuan dan ernpat ulangan untuk uji nilai pH dan jumlah bakteri, kernudian tujuh perlakuan dengan 10 ulangan pada uji organoleptik rnasing-masing dilakukan setiap rnasa simpan. Oaging dada ayam difunbang seberat 10 gram, sebanyak 238 potong, kemudian diberikan perlakuan. Perlakuan I (PO) rnerupakan perlakuan tanpa perendarnan dalam cairan basil fennentasi Iimbah kubis atau sebagai kontrol. Perlakuan n (PI), III (P2) dan IV (P3) masing-rnasiug direndarn dalam cairan basil fennentasi Iimbah kubis selama 20 jam dengan penambahan garam dapur (NaCI) rnasiug-masing sebanyak 2, 4 dan 6% dari bera! Iimbah kubis. Perlakuan V (P4), VI (P5) dan Vll (P6) masiug-rnasiug direndarn dalam cairan basil fennentasi limbah kubis selama 28 jam dengan penambahan garam dapur (NaCI) masing-masing sebanyak 2, 4 dan 6% dan berat Iimbah kubis. Cairan yang digunakan sebanyak dua kali berat dagiug dada ayarn yang dipakai sebagai sarnpel dan lama perendarnan lebih knrang satu jam. Setelah itu dagiug ditiriskan dan ditaruh dalam staples tertutup kemudian disimpan dalam suhu kamar (28°C) selama 6, 12, 36 dan 60 Jam. Hasil penelitian menunjukkan sarnpai masa simpan 36 jam (dalam suhu kamar 28°C) didapatkan nilai pH daging dan jumlah bakteri terendah serta kesukaan terbadap sifat organoleptik daging ayam rnentah rnaupun mataug tertinggi yang dibasilkan dengan merendarn dagiug ayam lebih kurang satu jam dalam cairan basil fennentasi Iimbah kubis selama 20 jam dengan penambahan garam dapur (NaCI) sebanYak 2% dari berat Iimbah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KH 1048.97 Ars p FILE FULL TEXT TIDAK ADA
Uncontrolled Keywords: Fermentasi, Chickens, Poultry products
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD241-441 Organic chemistry
Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
S Agriculture > SF Animal culture > SF481-507 Poultry. Eggs
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
SLAMET ARSANTI ARSI, 069111725UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSETYAWATI SIGIT, M.S.,Drh.UNSPECIFIED
Thesis advisorI DEWA KETUT MELES, M.S.,Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 06 Jul 2017 20:32
Last Modified: 06 Jul 2017 20:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58191
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item