PENGARUH SENTRIFUGASI DAN SWIM UP TERHADAP MOTILITAS DAN PERSENTASE HIDUP SPERMATOZOA DOMBA PADA MEDIA Brackett and Oliphant (BO) dan Bovine Serum Albumin (BSA)

DARUSMAN, 060112963 (2005) PENGARUH SENTRIFUGASI DAN SWIM UP TERHADAP MOTILITAS DAN PERSENTASE HIDUP SPERMATOZOA DOMBA PADA MEDIA Brackett and Oliphant (BO) dan Bovine Serum Albumin (BSA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 57 06 Dar p.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pencucian sentrifugasi dan swim up pada media BO (Brackett and Oliphant) yang ditambahkan BSA (Bovine Serum Albumin) terhadap motilitas dan persentase hidup spermatozoa domba. Dalam penelitian ini menggunakan sampel semen domba ekor gemuk. Semen terlebih dahulu diperiksa kualitasnya secara makroskopis maupun mikroskopis. Selanjutnya sampel dibagi menjadi tiga kelompok. kelompok kontrol (P0) sampel semen langsung ditambahkan dengan media pencucian BO dan BSA tanpa dialukan sentrifugasi. kelompok sentrifugasi (P1), sampel semen disentrifugasi dengan keceptana 1800 rpm selama 10 menit yang sebelumnya ditambahkan dengan media pencucian BO dan BSA. Kelompok swim up adalah kelompok (P2), sampel semen ditambah 2 ml media BO dan BSA lalu disentrifus dengan kecepatan 1800 rpm selama 10 menit kemudian dibuang supernatan lalu ditambah lagi dengan media BO dan BSA terus diinkubasi selama 30 menit untuk memberikan kesempatan pada spermatozoa motil berenang ke atas permukaan. Media pencucian spermatozoa dalam penelitian ini adalah BO dan BSA sebanyak 2ml pada kelompok kontrol dan perlakuan. Pemeriksaan motilitas (gerak progresif) dan persentase hidup spermatozoa dilakuakn pada 0 jam. Rancangan yang dipakai adalah rancangan acak lengkap. Bila terdapat perbedaan nyata dilanjutkan dengan uji BNT 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok perlakuan dengan cara swim up memberikan motilitas dan jumlah hidup lebih tinggi dibandingkan kelompok perlakuan sentrifugasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KH 57.06 Dar p FILE FULL TEXT TIDAK ADA
Uncontrolled Keywords: Spermatozoa - mortility
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF371-379 Sheep. Wool
S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > Including veterinary genetics, ethology, anatomy, physiology, embryology, pathology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
DARUSMAN, 060112963UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSOEHARTOJO H., Prof.,Dr.,H.,M.Sc.,Drh.UNSPECIFIED
Thesis advisorI KOMANG WIARSA S., Dr.,DEA.,Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 09 Jul 2017 16:21
Last Modified: 09 Jul 2017 16:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58207
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item